Larangan Mendengarkan musik, dan merokok saat berkendara

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 94/XXVII
7 Maret 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 94/XXVII

Polda Metro Jaya, melarang dan akan memberi sanksi bagi para pengguna kendaraan baik motor maupun mobil yang mendengarkan musik, radio sampai dengan merokok sambil mengemudikan kendaraannya.

OTOMOTIF
Belum lama ini santer terdengar bahwa Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum (Subdit Bin Gakkum) Polda Metro Jaya, melarang dan akan memberi sanksi bagi para pengguna kendaraan baik motor maupun mobil yang mendengarkan musik, radio sampai dengan merokok sambil mengemudikan kendaraannya.

Hal itu diungkapkan Kasubdit Bin Gakkum, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto yang menganggap hal tersebut merupakan bentuk pelanggaran aturan yang ancamannya tidak main-main, yakni dengan denda Rp 750 ribu atau pidana kurungan paling lama 3 bulan.

“Merokok, mendengarkan radio atau musik atau televisi (untuk pengguna roda empat) melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1 junto Pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ujar AKBP Budiyanto yang dikutip dari Kompas.com (1/3). Meskipun hal tersebut bukanlah peraturan yang baru, namun pernyataan aturan ini nyatanya mendapatkan beragam tanggapan dari berbagai pihak karena dianggap bisa memberikan persepsi yang tak jelas pada aturan tersebut.

Namun, seiring perjalanannya terjadi tanggapan-tanggapan lain yang akhirnya menganulir pernyataan AKBP Budiyanto tersebut. Paling akhir disebutkan kalau pengendara tetap diperkenankan untuk mendengarkan musik dan juga merokok. “Kami pahami UU tersebut yang dimaksud penuh konsentrasi adalah setiap orang pengemudi kendaraan bermotor dengan penuh konsentrasi dan perhatian, tidak terganggu perhatiannya.

Contohnya kelelahan, sakit, ngantuk, menggunakan telepon, menonton televisi saat berkendara. Kalau sedang mendengarkan radio seperti sekarang tidak ada masalah,” ujar Brigjen (Pol) Pujiono Dulrahman, Direktur Penegakkan hukum Korlantas Polri yang dikutip dari Kompas.com (2/3).

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI