Yamaha YZF-R15, kuda pacu rider 13 tahun

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 97/XXVII
28 Maret 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 97/XXVII

Motor tak banyak ubahan, tapi rider yang menyesuaikan. / Foto : DAB

OTOMOTIF
Gelaran balap nasional Indospeed Race Series (IRS) ronde pertama digelar akhir pekan kemarin (17-18/3). Kelas kejurnas sport 150 yang jadi salah satu kelas ‘neraka’, ternyata di race pertama justru dimenangi oleh bocah kecil! Ialah M. Robby Sakera yang membela tim Yamaha Yamalube FDR SSS NHK 549 Kaboci, pembalap kelahiran 5 Juli 2006 asal Madura ini finish pertama dengan jarak 5 detik dari posisi kedua.

Catatan waktu terbaiknya pun impresif, 1 menit 49 detik. Sayang pada race kedua pada beberapa lap akhir mesin motornya jebol membuat Robby gagal double podium. “Motor yang dipakai merupakan motor tahun lalu, jadi tidak banyak perubahan. Justru kita setting pembalapnya, digenjot supaya bisa memahami karakter motor,” ujar Syafaruddin, mekanik yang meracik mesin Yamaha YZF-R15 tersebut.

Mari kita intip oprekannya. Dimulai dari membesarkan klep menjadi 24 mm untuk in dan ex 21 mm, buka tutupnya diatur noken as custom berdurasi 258°, “Klep in membuka di 28° dan menutup 50°, yang ex tidak banyak berbeda, hanya sedikit lebih kecil bukaannya. Tujuannya untuk mengejar tenaga tengah ke atas,” rinci Achos Lalang, sapaan bekennya.

Berikutnya Achos melakukan porting lubang intake dan exhaust menggunakan computer numerical control atau biasa disebut bubut CNC dari SND. “Piston juga pakai SND, sudah forging berdiameter standar 57 mm, lalu head papas 0,3 mm. Didapat kompresi 13,6:1. Cocok untuk sirkuit Sentul agar tenaga besar karena final gear berat,” rinci Achos yang menggunakan final gear SSS berukuran 47/16.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI