Mini Cruiser (Mini Jip), mainan kekinian

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 99/XXVII
11 April 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 99/XXVII

Beberapa waktu lalu, mini moto atau motor mini, sempat menjadi trend di kalangan penggemar roda dua. / Foto : kyn

OTOMOTIF
Beberapa waktu lalu, mini moto atau motor mini, sempat menjadi trend di kalangan penggemar roda dua. Mungkin Anda jadi salah satu yang mengikuti trend ini. Nah, sekarang para penggemar roda empat, khususnya jenis jip, juga bisa mendapatkan versi miniatur dari kendaraan kesayangannya. Mini Cruiser ini contohnya.

Kehadiran jip mini tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2016, yakni pada ajang SEMA Show. Mini Cruiser memang menyasar pasar hobi, bukan mainstream market. Mau tahu seperti apa rasanya naik jip mini ini? Ada sensasi berbeda saat mengendarai Mini Cruiser, bukan cuma kemudinya yang ada di sebelah kiri, transmisi manual 3 percepatannya dioperasikan tanpa kopling, sama seperti gokart.

Jika Anda tak terbiasa mengemudikan, kadang kaki sontak menginjak pedal rem saat akan pindah transmisi. Mini Cruiser hanya memiliki sepasang pedal kaki. Sebelah kanan untuk akselerasi dan kiri untuk rem. Sementara untuk membuatnya jalan, dari posisi gigi netral, tarik untuk masuk gigi 1, 2 dan 3.

Sementara dorong ke depan untuk turun gigi, kembali ke netral dan sekali lagi untuk masuk gigi mundur. Ya, Mini Cruiser juga bisa mundur lho. Sensasinya juga jauh beda dengan saudaranya, sang jip sungguhan, tidak ada rasa adventure, karena jip mungil ini tidak dibekali penggerak 4WD atau all wheel drive, hanya penggerak roda belakang yang tersambung via rantai dari tenaga mesin.

Untuk kenyamanan berkendara, unit yang OTOMOTIF coba ini sudah dilengkapi dengan suspensi independen di semua rodanya. Ada juga model yang rigid, alias tanpa suspensi. Tapi pastinya jadi kurang nyaman ya.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI