Versi balap buat pembibitan

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 100/XXVII
20 April 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 100/XXVII

Disiapkan khusus untuk pembalap di bawah 16 tahun. / Foto : DAB

OTOMOTIF
Belum turun di Kejurnas Sport 150 cc karena terhalang regulasi mesin, All New Yamaha R15 versi balap muncul di ajang Yamaha Sunday Race (YSR) 2018. Bukan untuk pembalap profesional, tapi untuk kelas pencarian bakat pembalap muda yang diberi nama All New R15 Idemitsu Junior Pro.

Yups, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuka kelas ini bagi pembalap berusia di bawah 16 tahun, yang ingin belajar mengenal motor sport. Namanya juga untuk ajang balap pembibitan, mesin 155 cc berteknologi VVA pun standar banget alias tidak ada ubahan sama sekali.

Untuk menunjang performanya, hanya ada penggantian knalpot menggunakan Sakura, supaya lebih bertenaga. Lalu pada bagian elektronik mengandalkan ECU dari aRacer. Ubahan dari versi orisinalnya yang paling mencolok tentu bagian bodi, yang sudah menggunakan bodi khusus untuk balap.

Bodi balap ini bikinan MM Custom, meliputi cover depan, kondom tangki bensin, sampai bagian buntutnya. “Kita belum sempat dyno untuk motornya, tapi yang jelas dengan bodi balap sekarang dan beberapa ubahan bobotnya bisa berkurang 7 kg dari aslinya,” ujar Indra Permana, Tim Teknis Divisi Motorsport YIMM.

Para pembalap belia bisa mencatatkan waktu 2 menit di sirkuit Sentul. Dengan ubahan yang sama, pembalap profesional seperti Galang Hendra dan Rey Ratukore bisa menyentuh waktu 1 menit 59 detik. “Kalau R15 yang baru itu enak supensi depan dan handlingnya.

Senang bisa menang, saya akan terus berlatih dengan motor sport supaya makin jago,” kata Aldy Satya Mahendra (Yamaha GHP HDS Pirelli KYB RCB DID NGK) yang menang pada ronde pertama All New R15 Idemitsu Junior Pro.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI