Yamaha Scorpio 2007, terinspirasi motor Jokowi

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 101/XXVII
3 Mei 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 101/XXVII

Motor chopper milik Presiden Joko Widodo ternyata menginspirasi Dani Kusuma untuk punya tunggangan serupa. / Foto : Rizky

OTOMOTIF
Motor chopper milik Presiden Joko Widodo ternyata menginspirasi Dani Kusuma untuk punya tunggangan serupa. Namun bahannya bukan Royal Enfield, cukup pakai Yamaha Scorpio. Untuk mewujudkannya, Dani memboyong motornya ke workshop Motopits Garage yang berlokasi di jalan Cideng Timur No. 1C, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

Ubahannya dijabarkan mekanik Motopits, Dimas Susilo. Pertama yang dijamah rangka, “Dari tengah sampai belakang dipotong, dibikin baru dari besi kotak menurun sambung ke subframe,” terang Dimas.

Agar jiwa choppernya keluar, rake standar dibuat lebih centang sekitar 10 derajat. Lantas suspensi depan menggunakan milik Yamaha Byson yang ukurannya lebih besar (41 mm) dan menempel pada segitiga custom. Itu pun tak dibiarkan standar, “Dibubut biar terlihat lebih nyeni,” terang Dimas yang mengantar langsung motor ke markas OTOMOTIF untuk difoto.

Sedang belakang pakai sokbreker untuk Harley-Davidson. Loh kok pakai suspensi belakang? “Supaya tetap nyaman untuk dipakai riding,” lanjutnya. Beda dengan motor RI 1 yang rigid. Untuk rodanya pakai pelek aftermarket yang terpasang pada teromol standar Scorpio. Karet bundar dipilih Shinko SR777 ukuran 110/90-19 di depan dan 160/70-17 di belakang.

Bagian bodi, kru Motopits membuat ulang tangki dengan bahan pelat galvanis tebal 0,8 mm. Material yang sama juga digunakan untuk membuat fender belakang, yang mana tepat di depannya ada jok custom berlapis kulit dari MBtech. Bodi kelar, lanjut urusan mesin.

Ubahannya tidak terlalu berat, hanya diporting polish agar aliran bahan bakar dan udara lebih lancar. Urusan estetika, mesin mendapat balutan warna hitam dan bilah pendingin udara yang dipoles. Biar suara gahar, knalpot custom dari bahan stainless steel berdiameter 1,5 inci dipasang.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI