VW 1600, 100% VW Motorcycle

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 1/XXVIII
17 Mei 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 1/XXVIII

Pertama di Indonesia dengan mesin dan transmisi bawaan VW. / Foto : Istimewa

OTOMOTIF
Bagaimana jika mobil dan motor digabung untuk dijadikan sebuah modifikasi? Gokil kan? Hal inilah yang dilakukan oleh Lulut Wahyudi, punggawa Retro Classic Cycle (RCC) dari Yogyakarta. Motor hybrid alias gabungan ini dikerjakan dalam waktu yang tergolong singkat, hanya sebulan! Dikerjakan secara kilat karena motor ini akan dipamerkan pada Yogjakarta Volkswagen Festival beberapa waktu lalu.

Lulut yang juga penggemar VW klasik setiap tahun bikin karya dan dibawa ke acara itu. “Untuk acara kemarin saya ingin membridging antara dunia VW dan dunia custom, terutama roda dua,” pungkas Lulut. Motor hasil karya Retro Classic Cycle ini hadir dari pemikiran dan pekerjaan oleh sumber daya asli Indonesia. “Bagaimana melahirkan karya yang tidak biasa berdasarkan pengalaman dan dedikasi terhadap dunia otomotif Indonesia,” terangnya.

Basis mesinnya menggunakan mesin VW 1600 dual port yang diambil dari VW Kombi Kustomfest, termasuk transmisinya. Oleh lulut mesin VW ini dicopot blower atau kipasnya, sehingga secara tampilan mirip dengan mesin motor BMW. Tetapi yang jadi problem, mesin menjadi overheat karena blowernya dilepas. Solusinya kompresi mesin diseting ulang menjadi lebih rendah.

Menurut builder berkaca mata ini, tenaga yang dihasilkan mesin kurang lebih sama dengan Harley Twin Cam, hanya torsinya lebih besar. Kemudian, agar feel berkendara tetap khas motor, kopling dipindahkan ke setang menggunakan tipe hidrolis yang mengerakkan actuator di bawah. Sekarang pindah gigi sama dengan motor pada umumnya, 1 turun 2-3-4 naik.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI