Vespa Excel 2004, Italiando beraliran Thailand

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 1/XXVIII
17 Mei 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 1/XXVIII

Fuel pressure regulator, salah satu yang sedang ramai di aliran Thailand. / Foto : Fariz

OTOMOTIF
Aliran modifikasi ala bikers Thailand umumnya diaplikasi pada motor Jepang, aliran ini mementingkan sisi detail yang rapi dengan perpaduan warna yang menarik. Lalu bagaimana jika diaplikasi pada Vespa yang asal Italia? Tentu gokil jadinya! Salah satunya dilakukan Daud Sebastian pada Vespa Excel.

“Sebelumnya bergaya street racing, tapi sekarang udah terlalu banyak, akhirnya mutusin buat ke dragster. Setelah itu pilih aliran Thailand karena belum ada yang pakai, apalagi Vespa klasik. Kalau aliran racing Italia udah banyak,” bukanya. Ubahannya terlihat mulai dari setang yang terondol tanpa cover, “Gantinya setang custom yang dibuat drop head dan dichrome. Handel kopling pakai TWM Italia dan master rem Brembo 19x19.

Setelah itu pakai visor Yamaha Aerox, yang belum tentu orang kepikiran,” tunjuknya. Beberapa komponen yang sedang tren di kalangan modifikasi Thailand pun tidak kalah ketinggalan, seperti fuel pressure regulator dan sistem quick release merek Autobanh88 pada slang rem seperti di MotoGP, “Bisa dibilang ini Vespa klasik pertama di Indonesia yang pakai slang rem depan quick release, harganya Rp 3,5 juta belum sama slang rem, hehee…” sebut Bastian.

Area mesin juga tidak kalah rapi dan detail, Bastian mengandalkan karburator UMA Racing diameter jumbo 34 mm yang diteruskan intake MRP CNC titanium dan membran V-Force 4, “Blok silinder pakai TK dan pasang radiator,” ujar Bastian yang tinggal di bilangan Cipinang, Jaktim.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI