Jaguar E-Type Zero, mobil klasik tanpa emisi

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 4/XXVIII
7 Juni 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 4/XXVIII

Mobil ini salah satu yang menyita perhatian saat ‘Royal Wedding’ Pangeran Harry dan Meghan

OTOMOTIF
Saat semua perhatian tertuju pada upacara pernikahan ‘Royal Wedding’ Pangeran Harry dan Meghan Markle, OTOMOTIF juga memantau seputar acaranya. Salah satu momen menarik adalah ketika sepasang pengantin baru ini menaiki sebuah mobil klasik, Jaguar E-Type menuju resepsi acaranya.

Sebuah Jaguar E-Type dengan atap terbuka, terparkir tepat di depan pintu istana Windsor, dan keduanya menaiki grand tourer ini menuju Frogmore House, lokasi acara resepsi mereka. Fokus kini mengarah pada ‘Jaggy’ silver blue roadster-nya.

Jaguar E-Type, ikon sports car Inggris yang punya desain eksotik dan klasik. Spesies ini diproduksi pertama kali tahun 1961 dan kemudian tahun 1975, diganti dengan penerusnya, Jaguar XK-R.

Desain bodinya yang mempesona, bahkan membuat pendiri Ferrari, Enzo Ferrari berkata kalau E-Type ini adalah ‘the most beautiful car ever made.’Namun ada yang berbeda dari grand tourer silver blue yang dipakai Harry dan Meghan ini.

Jaggy kelahiran 1968 tersebut tak menggunakan mesin 4.200 cc berkonfigurasi 6 silinder segaris. Melainkan sebuah motor listrik beserta baterai sebagai penggeraknya. Jaguar menyebutnya sebagai E-Type Zero. Jaguar malah mengklaim akselerasi E-Type Zero lebih cepat dari E-Type klasik bermesin bensin. Akselerasi E-Type Zero dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/ jam, mampu dicapai dalam waktu 5,5 detik saja.

Baterainya yang berukuran 220 kWh bisa diisi penuh dalam waktu 7 jam. Dengan kondisi baterai penuh, E-Type Zero mampu menempuh jarak hingga 270 km. Mobil ini sejatinya diperkenalkan tim Jaguar Land Rover Classic saat acara Land Rover Tech Fest di London, Inggris, 8 September 2017.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI