New Nissan Terra 2018, peantang baru di SUV diesel 7-seater

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 05/XXVIII
8 Juni 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 05/XXVIII

Pertama kalinya Nissan masuk dalam pertarungan SUV 7 seater / Foto : Rindra P

OTOMOTIF
Nissan cukup lama untuk memutuskan masuk dalam area pertarungan SUV diesel tujuh penumpang. Dimana Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Chevrolet Trailblazer dan Isuzu MU-X saling asyik adu ‘jotos’ di atas ‘ring’ yang paling digemari di Indonesia. Pada April lalu, Nissan pun memutuskan tidak tinggal diam.

New Nissan Terra pun diterjunkan pertama kalinya di Cina sebagai petarung andalnya. Setelah itu, giliran New Terra memasuki kancah Asia Tenggara. OTOMOTIF pun jadi saksi dalam peluncuran New Nissan Terra (28/5) di Clark, Pampanga, Filipina.

“New Nissan Terra dibuat berdasarkan pengalaman kami membuat SUV terbaik selama lebih dari 60 tahun, termasuk model-model iconic seperti Nissan Patrol,” ucap Ashwani Gupta selaku Senior Vice President for Nissan’s Light Commercial Vehicle Business.

Tentu tak cuma mendatangi peluncuran saja, Nissan juga mengadakan test drive langsung kemampuan New Terra di atas lintasan off-road dan on-road. Seperti apa kehebatan SUV Nissan ini? Silahkan simak!

1. DESAIN. Sebagai petarung baru di kategori SUV tujuh penumpang, New Nissan Terra lahir mengambil platform dari Nissan Navara. Dengan menggunakan konstruksi ladderframe yang sama dengan Navara dan beberapa benang merah. Bisa dilihat dari sisi eksterior. Tampak depan, sosok Navara terlihat jelas pada bagian kap mesin.

Namun dibedakan pada lampu depan, desain gril dan bumper. Pada lampu depan diberikan shape lekukan di bagian bawah, mengadopsi LED proyektor dan DRL. Sepintas grilnya sama dengan Navara, namun dimensinya membesar dengan aksen chrome dan bumper tampil lebih sporty.

2. HANDLING Pada konstruksi Terra tetap menggunakan sasis tangga atau ladder-frame. Untuk memberikan ketangguhan di medan off-road. “Tapi tetap mempertahankan sisi kenyamanan. Itu kenapa kami melakukan penyesuaian pada suspensi belakang. Mengingat Navara diciptakan sebagai kendaraan barang,” jelas Hironori Awano, Chief Vehicle Engineer Nissan.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI