MotoGP Putaran 7, Spanyol, ban lunak bawa ke podium puncak

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 06/XXVIII
28 Juni 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 06/XXVIII

MotoGP Putaran 7, Spanyol. / Foto : Repsol YPF

OTOMOTIF
Suhu aspal yang dingin dengan permukaan aspal yang terbilang baru untuk MotoGP putaran ke-7 di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol (17/6) membuat pilihan ban menjadi krusial. Sejak sesi latihan bebas pertama dalam event bertajuk Gran Premi Monster Energy de Catalunya (15/6) suhu udara konsisten di 27˚ celcius dan suhu aspal 45˚celcius.

Perbedaan suhu cenderung lebih rendah dibanding di Mugello, Italia 2 pekan lalu (3/6) saat suhu aspal mencapai 51˚ celcius. Kompon lunak untuk ban depan dan belakang pun jadi pilihan utama sebagian besar pembalap di MotoGP kali ini.

“Menggunakan kompon lunak di kedua ban adalah pilihan yang berisiko. Tetapi itu menjadi yang terbaik sejak sesi latihan bebas dan saya bisa mencatat waktu yang konsisten dengan ketahanan ban yang cukup panjang. Ternyata setelah dilihat di trek, banyak juga pembalap yang menggunakan ban kompon lunak,” tutur Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha MotoGP.

Rossi yang start di posisi 7 dan meraih podium 3 menjadi salah satu pembalap yang mendapatkan keuntungan dari kombinasi ban tersebut. Hal ini karena banyak PUNCAK pembalap yang kecelakaan karena salah mengombinasikan ban, misalnya ban kompon lunak dan kompon sedang. Traksi ban menjadi minim dan membuat motor lebih sulit saat melakukan pengereman.

PERTARUHAN. Tak percaya? Coba tanyakan lagi kepada Jorge Lorenzo. Pembalap Ducati Team ini konsisten menorehkan waktu 1 menit 40 detik selama 25 lap dengan kombinasi ban tersebut. Setting suspensi menjadi sedikit agak keras dan minim rebound jadi jurus jitunya pertahankan posisi Ducati Desmosedici GP saat melibas tikungan cepat di sirkuit Barcelona.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI