BMW 323i 1996, konversi yang sempurna

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 06/XXVIII
28 Juni 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 06/XXVIII

Keinginan ownernya adalah pengen punya mobil sedan yang kencang. / Foto : Kyn

OTOMOTIF
BMW seri 3 E36 ini belakangan mulai banyak dicari lagi oleh para penyuka BMW, salah satunya yang kepincut dengan mobil ini adalah pria yang hanya mau disebut HPT. “Saya memang seorang Bimmers, dengan E36 ini saya pengin punya sedan yang performanya gak malu-maluin,” ujar HPT.

Ia pun mengirim mobilnya ke Rudi RDM di Bambu Apus untuk memodifikasi mesinnya. HPT membeli half cut dan rear cut BMW M3, mulai dari mesin, transmisi, gardan, traction bar, bumper, rear spoiler dan lainnya. “Mesinnya 6 silinder segaris berkapasitas 3.000 cc. Transmisi 6-speed manualnya enak banget digeber!” serunya.

NAIK JADI 300 DK. Namun, rupanya HPT masih belum puas juga. Mesin ini masih dimodif lagi dengan ganti camshaft Schrik Street Use berprofil 264º/256º, piston CP, airbox carbon serta muffler Iron Craft. Sebagai pamungkas, piggyback Dastek Unichip Q+ juga dipasang. “Power mesinnya sekarang sekitar 300 dk,” ujar pria 41 tahun ini dengan nada puas. Untuk transmisi, pelat kopling ganti dengan original BMW tipe heavy duty, agar tenaga yang tersalurkan ke roda lebih maksimal.

Untuk kaki-kaki, traction bar M3 dan coil over D2 jadi andalan HPT agar lebih stabil. Soal pelek, HPT rupanya berhasil mendapatkan pelek yang langka ini. “Saya dapat Pinninfarina by BBS, pelek ini terbilang langka nih! Ukurannya juga oke banget,” serunya. Ukuran pelek ini 18x9+10,5 inci, dan dibalut ban GT Radial SX2 215/45 R18 di depan dan 225/45 R18 di belakang.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI