Royal Enfield Classic 500 2018, Bobber Gibran

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 10/XXVIII
25 Juli 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 10/XXVIII

Fungsional dan tak mengubah konstruksi asli. / Foto : Randy

OTOMOTIF
Setelah sebelumnya membangun Café Racer berbasis Honda CB125, Gibran lanjut bikin proyek kedua. Pemilik nama lengkap Gibran Rakabuming Raka ini, membuat satu lagi motor custom berbasis Royal Enfield (RE) Classic 500.

“Saya punya ini (RE) sekitar setengah tahunan lah, terus bosan dan ingin diubah sedikit tampilannya,” terang Gibran Dalam mewujudkan modifikasinya, putra sulung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini memboyong motornya ke workshop Katros Garage milik Andi ‘Atenk’ Akbar yang terletak di Jl. Cempaka 1 No. 2, Rengas, Ciputat Timur, Tangsel.

Desainnya ternyata datang dari Gibran sendiri. Arahannya tetap fungsional, modifikasi semaksimal mungkin dan tidak mengubah konstruksi asli. “Saya kasih referensi, Mas Atenk kasih penawaran speknya apa saja yang diubah” ujar pengusaha martabak Markobar ini.

Diputuskan Bobber sebagai konsep ubahan. Modifikasinya relatif simpel, “Karena RE style-nya udah klasik, tak terlalu banyak rombakan,” ujar Atenk. Tetap mempertahankan tangki, panel di kanan kiri motor serta sasis bawaan. Namun, sepatbor depan dan belakang dibuat ulang, menggunakan material pelat galvanis tebal 1,2 mm.

Kemudian, subframe dicopot dan dibuat ulang berdesain lebih simpel. Swing arm juga dibikin lebih panjang 5 cm untuk mengejar posisi jok lebih rendah. Meski begitu, ada sedikit revisi pada sepatbor belakang, karena mentok subframe. Hal itu karena sepatbor model lama diam menempel pada sasis, sedang sekarang ikut dengan swing arm.

“Karena gue belum sempet ngukur berat badan Gibran, baru lihat dari foto aja,” terang builder yang doyan ngevlog ini. Di subframe custom tertanam stoplamp LED 3 in 1. Bagian headlamp, Atenk memasang Daymaker sebagai signature modifikasi Katros Garage. Uniknya headlamp jadi lebih panjang 5 cm, yang merupakan keinginan Gibran sendiri. “Biar kayak bazooka aja dipanjangin,” ujar Atenk menirukan ucapan Gibran.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI