Honda CB400 Super Four 1998, cafe racer plus flat tracker

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 12/XXVIII
2 Agustus 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 12/XXVIII

Menghilangkan tampang CB400 SF yang sopan. / Foto : Rizky

OTOMOTIF
Honda CB400 Super Four (SF) adalah naked bike yang terkenal ringan, nyaman dan cukup bertenaga. Cuma sayang tampangnya terlalu “sopan”. Makanya oleh Alwin Tanudjaja yang juga punggawa Dos Custom, tampangnya dirombak total biar lebih garang.

“Saya ingin membuat tunggangan yang berkesan garang dan mampu mendukung style macho saat dikendarai,” buka Alwin, sapaan akrabnya. Dalam prosesnya, Alwin bersama timnya memadukan dua unsur vintage style yakni Cafe Racer dan Flat Tracker. Alwin berasalan agar enak dilihat dan tetap mudah dikendarai.

Porsi Cafe Racer dengan salah satu ciri posisi duduk merunduk, dituangkan melalui mengadopsikan setang jepit. Setang itu terpasang pada suspensi depan upside down kepunyaanKawasaki Z1000 yang terpasang berikut double disc brake-nya, yang membuat kaki depan tampak kekar.

Kaki belakang tak kalah kekar setelah menggunakan swing arm limbah moge dari Yamaha YZF-R1. Dan otomatis suspensi juga berubah jadi monosok, makanya harus bikin dudukan baru di sasis. Unsur Flat Tracker salah satunya tersaji dari ban yang dipakai.

Metzeler Karoo 3 yang punya kembangan kasar khas penggaruk tanah, yang menjepit pelek TK Racing ukuran 4.25x17 dan 5.00x17. Jadi sangar dan kekar kan! “Unsur Flat Tracker juga dapat dilihat dari posisi subframe yang dipotong, gantinya besi seamless ukuran 26 mm dan dikasih jok pendek,” beber pria yang bermarkas di RukoGreen ville BG 21, Jl. Mangga raya, Duri Kepa, Jakarta Barat.

Menariknya bagian bawah jok sengaja dibuat tanpa ada boks filter dan ornamen lain, sehingga berkesan bersih dan ringan. Konsekuensinya mesti pasang open filter yang menempel di karburatornya. Terakhir Alwin mengecat motor ini serba hitam, sehingga kesan garang benar-benar muncul.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI