F1 Putaran 12, Hungaria, dicurigai team order

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 12/XXVIII
2 Agustus 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 12/XXVIII

Dalam balap, ‘team order’ atau perintah tim untuk mengungguli salah satu pembalap memang sudah menjadi rahasia umum. / Foto : Mercedez-Benz

OTOMOTIF
Dalam balap, ‘team order’ atau perintah tim untuk mengungguli salah satu pembalap memang sudah menjadi rahasia umum. Strategi ini biasa digunakan saat dalam tim tersebut ada satu pembalap yang sedang bersaing ketat untuk perebutan gelar juara dunia dansatunya lagi tidak. Pada saat seperti ini strategi tersebut dimainkan, tapi harus dengan cara yang bersih.

Nah dugaan team order muncul di F1 Hungaria yang diselenggarakan di Hungaroring (29/7), ronde yang menutup paruh musim pertama F1 2018. Seperti yang diketahui, Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas Motorsport) dan Sebastian Vettel(Scuderia Ferrari Team) kerap bertukar tempat untuk perebutan posisi puncak klasemen sementara.

Hamilton yang meraih pole position dan rekan setimnya, Valtteri Bottas di grid ke-2 memang menjadi keuntungan bagi tim pabrikan asal Jerman ini. Mercedes diduga menjalankan strategi dengan memerintah Bottas untuk ‘mengawal’ Hamilton sejak awal balapan.

KLARIFIKASI. Apalagi Bottas melakukan pit stop lebih awal di lap ke-15 dan sempat membuatnya lebih dekat dengan duo pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Ketiga pembalap ini menjadi lebih fokus untuk memperebutkan posisi kedua, saat Hamilton terus membuka jarak di posisi terdepan.

Persaingan itu berlanjut hingga memasuki penghujung balapan saat posisi Bottas dinilai ‘menghalangi’ laju Vettel dan akhirnya ada kontak fisik yang terjadi antara kedua pembalap itu. “Saya tidak menyalahkannya (Bottas) secara penuh. Mungkin saja dia kehilangan daya cengkeram ban atau memang ada maksud lain,” ujar Vettel.

“Tapi saya berhasil mendahuluinya dan meraih podium kedua. Saya memang kalah dalam jumlah point menjelang jeda musim, tapi setidaknya point tersebut tidak bergeser begitu jauh,” sambung pembalap penyuka skuter klasik itu.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI