Perawatan Mesin Mobil, penting kah engine flush?

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 15/XXV
27 Agustus 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 15/XXV

Bagi pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, pergantian oli adalah ritual rutin yang wajib dilakukan agar kinerja mesin selalu berjalan normal serta terhindar dari kerusakan. / Foto : Istimewa & F. Yosi

OTOMOTIF
Bagi pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, pergantian oli adalah ritual rutin yang wajib dilakukan agar kinerja mesin selalu berjalan normal serta terhindar dari kerusakan. Fungsi oli ini sendiri sebagai pelumasan dalam mengurangi gesekan komponen mesin hingga mencegah terjadinya panas berlebih.

Terkadang ketika melakukan pergantian oli mesin, pelumas tersebut tidak keluar seluruhnya loh. Tetap akan ada sedikit oli yang mengendap di sela-sela komponen, bahkan timbul kerak karbon yang diakibatkan oleh terbakarnya oli itu sendiri dari kegagalannya mengatasi panas ekstrim. Kerak oli jika dibiarkan, dapat mengganggu performa mesin, bahkan bisa membuat mesin rusak.

Nah, salah satu cara praktis dalam membersihkan ruang mesin sekaligus meluluhkan kerak membandel, adalah dengan melakukan engine flush. Apa itu engine flush? Yaitu sebagai cara membersihkan komponen mesin dari kerak yang menempel dan endapan oli dengan menggunakan cairan berformulasi khusus.

“Untuk mobil yang jam terbangnya sudah di atas 70 ribu kilometer, disarankan setiap akan ganti filter oli, lakukan engine flush terlebih dulu untuk membersihkan deposit di dalam mesin,” bilang Muhammad Tasrikin, punggawa Kien’s Abadi Motor di pusat onderdil Ramanda, Depok, Jawa Barat.

Cairan yang umumnya berbentuk kemasan kaleng ini dapat membersihkan kerak mesin secara maksimal dengan meluluhkan atau melunturkan kerak oli. “Sebenarnya engine flush tidak diperlukan bila servisnya rutin dan tepat waktu, serta oli yang digunakan sesuai anjuran pabrik,” terang Suwandi, Service Advisor beres Suzuki di Pulogadung, Jakarta Timur.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI