Toyota Alphard 2017, sound quality oem style

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 14/XXV
27 Agustus 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 14/XXV

Toyota Alphard ini, memanfaatkan ruang yang ada agar tidak mengubah fungsi interiornya / Foto : kyn

OTOMOTIF
Andreas Tjahjadi, punggawa PT Audio Plus Indonesia, melakukan setting audio yang beda pada Toyota Alphard milik konsumennya, yang dipajang di booth Crescendo dalam GIIAS 2018 lalu. Tatanan peranti audio berkonsep Sound Quality (SQ) tersebut, tak tampak mengganggu ruang kabin luxury fan keluaran Toyota tersebut.

“Hasil diskusi saya dengan pemilik mobil, beliau tidak mau mengubah fungsi dan volume kabin. Jadi, seluruh peranti audio yang dipasang di mobil ini, memanfaatkan space yang ada dan terlihat seorisinal mungkin,” bilang Andreas.

Tetap menggangu & aman. Makanya kalau dilihat, terutama di kabin belakang, peranti audio seperti power amplifier, subwoofer, sampai DSP, semuanya tertanam rapi di lantai kabin. “Pada saat jok belakang diturunkan pun tidak akan terganggu, bahkan membawa barang pun aman karena kita tutup dengan kaca tebal dan ditutup lagi karpet,” bilangnya.

Gak bakal panas tuh peranti audionya? “Kita pasang 2 fan, satunya menyedot udara dari luar dan satunya lagi untuk mengeluarkan udara di dalamnya. Makanya gak bakal overheat,” tukas pria 46 tahun ini. Bahkan ban serep pun masih aman tersimpan di bawah tatanan perangkat audionnya.

Settingan SQ oke, sekarang kita simak settingan audionya yuk! Sebagai pemutar berbagai format lagu maupun video, juragan Audio Plus Indonesia ini menugaskan head unit Kenwood DDX918WS, yang sudah mengusung teknologi Andorid.

Untuk penghasil suara depan, dipercayakan pada speaker 2-way Ground Zero Uranium, yang masih memanfaatkan ruang speaker di balik door trim. Sementara tweeternya tetap di atas dasbor. Nah, lewat head unit Kenwood ini, “Kami bisa setting suara audionya untuk fokus ke si owner ketika dia nyetir sendiri. Caranya, tinggal geser fader-nya agar suara audio terfokus di depan,” jelasnya.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI