Toyota Land Cruiser Prado TX 2003, siap off-road

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 16/XXVIII
30 Agustus 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 16/XXVIII

sebetulnya, SUV Toyota bermesin 1KZ-TE ini merupakan kendaraan harian sang adik. / Foto : jip

OTOMOTIF
Sebetulnya, SUV Toyota bermesin 1KZ-TE ini merupakan kendaraan harian sang adik. “Tapi sering gua bajak buat ikutan main off-road bareng teman, hahaha..,” tawa Hariawan Arif Maulana.

Namun karena sering nyangkut di obstacle yang cukup ekstrem, pria yang akrab disapa Rifie ini mulai berpikir untuk memodifikasinya. Untuk urusan ini, Rifie berkonsultasi dengan Herky, punggawa bengkel XC/TRIAL di kawasan Pondok Cabe, Tangerang.

Fokus utama adalah bumper depan, yang kerap dikeluhkan sering nyangkut ketika diajak off-road. “Karena bumper plastiknya agak besar, maka approach anglenya jadi kecil dan suka nyangkut,” terang Herky.

Akhirnya mereka dapat inspirasi dari tampilan Toyota Hilux versi balap reli Dakar. Pick-up legendaris tersebut memiliki desain cukup minimalis dan fungsional dengan menggunakan bumer depan tipis. Gaya tersebut lantas coba diaplikasikan.

Namun Herky kombinasikan dengan desain bumper pipa ala pick-up Baja. “Desain seperti ini membuat approach angle jadi lebih besar dan enggak gampang nyangkut lagi,” tukas Herky. Sementara untuk bumper belakang, masih mempertahankan standarnya.

“Sebab kalau pakai bumper tubular, tangki bensinnya akan terekspos jadi kelihatan aneh,” sahut Rifie. Ubahan berikutnya pada bagian suspensi. Kebetulan Prado milik Rifie ini menggunakan suspensi udara di belakang atau biasa dikenal dengan fitur self-leveling rear suspension.

Rifie memang ingin sedikit meninggikan suspensinya, tanpa harus mengorbankan fitur self leveling-nya. “Gua enggak mau yang terlalu ekstrem sampai harus ganti suspensi belakang pakai konvensional cuma karena ingin lift-up. Jadi minta bantuan Herky buat akalin self-leveling suspension-nya,” senyum Rifie.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI