TVS Apache RTR 160 2008, Scrambler India

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 18XXVIII
12 September 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 18XXVIII

Banyak yang tak percaya kalau ini TVS / Foto : Fajrin

OTOMOTIF
Populasi TVS Apache memang sedikit, apalagi yang dimodifikasi ekstrem ikut custom culture, hampir tidak ada! Eits tapi ada nih, Apache RTR 160 milik Angga Muhammad Adam salah satunya, yang dirombak jadi bergenre scrambler.

Dalang kesuksesan Apache yang menjadi scrambler ini ternyata bengkel Brilliant Custom Motorcycle (BCM). “Minimnya TVS Apache yang dimodifikasi ke ranah custom merupakan tantangan tim BCM untuk berkreasi,” buka Adi Prasetio, punggawa BCM.

Ubahan tentu diawali dari melucuti semua bodi dan kaki bawaan yang asal India sehingga tersisa mesin dan rangka. Kemudian rangka bagian belakang dipotong dan dibuat ulang jadi mendatar dan ujungnya menyambung mirip huruf U.

Selanjutnya Adi membuat tangki baru berbentuk membulat dan sisi yang dijepit paha dikasih cekungan. Jok baru tentu juga dibuat jadi tipis dan datar berbalut kulit cokelat. Di bawahnya dibuatkan panel penutup aki baru yang tampak sangat lebar.

Baru kemudian merombak kakikaki, suspensi depan yang aslinya kurus diganti upside down berukuran besar, sehingga memberikan kesan lebih kokoh. Perpaduannya pelek jari-jari Rossi yang dibalut ban dual purpose Shinko Trail Master E-705, efeknya roh scrambler jadi kental.

Sementara lengan ayun ternyata bikin baru, custom bulat. “Berbahan pipa seamless 1 mm dengan ukuran yang lebih lebar dari standarnya, agar ban besar yang diusung bisa leluasa berotasi tanpa berdempet dengan arm,” beber pria yang bermarkas di Jl.

Rawa Jati No. 102, Krukut, Depok, Jawa Barat. Pasangannya suspensi ganda dari Takegawa, sama-sama bertabung seperti standarnya Apache, namun punya diameter ulir yang lebih besar sehingga tampak lebih kokoh juga.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI