Tren Mobil Retro Listrik (Bagian 1), tampang klasik jeroan listrik

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 18XXVIII
12 September 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 18XXVIII

Berkendara ramah lingkungan sambil bernostalgia dengan konsep retro-future / Foto : istimewa

OTOMOTIF
Semakin menipisnya stok bahan bakar fosil, membuat pabrikan otomotif ramai-ramai merancang kendaraan baik motor dan mobil bertenaga listrik. Seiring perkembangan teknologi baru, desainer kendaraan pun memikirkan desain yang juga mencerminkan kendaraan berkonsep masa depan.

Walau begitu, ada beberapa pabrikan mobil yang mulai konsentrasi merancang mobil listrik namun juga memikirkan desain berkonsep retro atau klasik. Selain memberi penyegaran desain, konsep ini juga menyasar kaum fanatik mobil retro klasik.

Selain merek-merek ternama, ternyata banyak juga pemain baru di dunia kendaraan listrik. Selain bikin mobil utuh, ada yang malah melakukan modifikasi yaitu mengganti atau konversi mesin mobil klasik retronya dengan motor listrik.

Mungkin tak semua pecinta mobil retro klasik suka dengan proyek konversi menjadi mobil listrik. Apalagi yang menyukai tenaga dan suara yang sangar keluar dari dapur pacunya. Karena dengan menggunakan motor listrik, tak ada lagi raungan mesin yang terdengar seksi dan ‘menggairahkan’.

Namun proyek konversi ini membawa semangat retro atau nostalgia di dunia kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Hasilnya, sama sekali tidak buruk. Desain retro klasik ternyata bisa dipadu padankan dengan konsep mobil masa depan. Jadinya malah semakin menarik.

Konsepnya menggantikan sumber penghasil tenaga bersama mekanismenya (dalam hal ini mesin berbahan bakar fosil) dengan motor listrik beserta mekanisme dan baterai sebagai sumber tenaga. Lantas, siapa saja ya yang merancang mobil listrik bergaya retro klasik?

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI