Tampilkan di aplikasi

BMW F 850 GS

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 19-XXVIII
19 September 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 19-XXVIII

Sasis, mesin dan fitur semuanya baru. / Foto : rizky

OTOMOTIF
Ketika peluncuran BMW 850 GS di Indonesia, tepatnya di event GIIAS 2018 awal Agustus lalu, Joe Frans, CEO Maxindo Moto (APM Motorrad Indonesia) bercerita jika varian ini jauh lebih enak dibanding yang digantikan, F 800 GS. "Sasis, mesin dan fitur semuanya baru,” ungkapnya. Penasaran dong, apa iya sih? Untungnya tak berselang lama OTOMOTIF bisa dapat unit tesnya kendati hanya dikasih waktu 3 hari.

Guna menuntaskan rasa penasaran, langsung dites menaklukkan berbagai kondisi jalan lebih dari 350 km, tepatnya menyusuri pinggiran Bogor Jawa Barat, seperti daerah Rumpin, Ciseeng dan sekitarnya serta diselingi untuk mobilitas harian di jalanan Ibu Kota. Bagaimana hasilnya? Yuk simak!

Riding Position & Handling. Dengan postur jangkung khas besutan adventure, wajar jika joknya pun cukup tinggi, mencapai 860 mm. Makanya bagi Tester OTOMOTIF yang tingginya 173 cm dan bobot 64 kg ketika duduk di joknya dan kedua kaki turun, masih cukup jinjit. Padahal saat diduduki kedua suspensi sudah cukup amblas.

Setangnya yang model fatbar dan dibekali handguard cukup lebar, efeknya saat diraih membuat dada jadi membuka, dan karena jaraknya cukup jauh dari jangkuan, maka lengan jadi lurus. Oiya diameter handgrip termasuk kecil saat digenggam.

Posisi tangan yang membuka, membuat badan jadi lebih sigap untuk mengendalikan motor terutama saat melahap medan yang tak tentu, kala berkendara di jalur berbatu dan tak rata.

Posisi kaki pun khas besutan adventure, santai dan cukup menekuk karena footstep agak ke depan. Dan posisi duduk secara keseluruhan serasa badan masuk ke dalam motor, karena jok rendah ditunjang setang dan tangkinya yang tinggi. Posisi tersebut membuat jalan jauh jadi nyaman, karena punggung tegak sehingga duduk lama enggak lekas pegal.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI