Tampilkan di aplikasi

Yamaha YZF-R6 2005, cafe (from) racer

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 22-XXVIII
10 Oktober 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 22-XXVIII

Cafe racer custom berbasis motor kencang / Foto : RANDY

OTOMOTIF
Jikalau biasanya café racer dibuat dari motor naked atau street bike, lain dengan yang satu ini. Menggunakan Yamaha YZF-R6 yang aslinya sport banget sebagai motor donor. Ternyata cerita bermula saat Andika Gunadarma, sang pemilik, ingin membuat motor custom.

Oleh Ram Ram Januar, owner White Collar Bike, Andika disarankan untuk membeli motor sport sebagai bahan, karena Ram Ram ingin mencoba membuat motor custom dengan basic motor sport.

Mulailah Andika berburu motor sport untuk dipinang. “Nemu di Depok milik seorang nenek yang tinggal di perumahan dalam gang. Motor dengan kondisi masih oke dan lengkap, hanya akinya sudah mati,” ujarnya.

Setelah berhasil berpindah tangan, motor dikirim ke workshop Ram Ram yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya Andika sudah menetapkan konsep motor, café racer yang tidak terlalu ekstrim dan tetap nyaman untuk dikendarai.

“Saya enggak mau potong rangka, karena hitungan dari pabrik sudah paling enak,” ujar salah satu founding fathers klub Café Racer Indonesia ini. Proses dimulai menerondoli seluruh bodi hingga hanya menyisakan rangka, mesin, dan kaki-kaki saja.

Berdasarkan pesan Andika tadi, Ram Ram membuatkan subframe baru dari bahan besi agar jok menjadi rata. Subframe model teralis ini diberi kelir merah terang yang kontras dengan warna bodi. Pekerjaan selanjutnya ke bodi.

Tangki dibuat ulang oleh Ram-Ram dari material aluminium, menyatu dengan bodi belakang sehingga membuat sebuah unibodi. Tangki ini kemudian dilapis karbon dengan warna biru gelap, tak jauh dari warna aslinya yaitu biru. Unibodi terpasang pada frame dengan 4 buah baut.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI