Tampilkan di aplikasi

Harley-Davidson Softail Evolution 2015, The 29

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 23-XXVIII
17 Oktober 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 23-XXVIII

Setelah melalui proses penilaian oleh para juri lokal maupun international yang sangat ketat, Best Custom Bike Show pada Kustomfest 2018 diraih Harley-Davidson Softail Evolution / Foto : fajrin

OTOMOTIF
Setelah melalui proses penilaian oleh para juri lokal maupun international yang sangat ketat, Best Custom Bike Show pada Kustomfest 2018 diraih Harley-Davidson Softail Evolution lansiran 2015 beraliran cafe racer milik CEO Cleveland Cyclewerks, Donny Gouw.

Keberhasilan tersebut ternyata hasil karya rumah modifikasi Krom Works yang diberi julukan ‘The Twenty Nine’ sebagai simbol umur sang builder Andika Pratama yang menginjak 29 tahun.

Karya Andika dari Krom Works ini sangat khas seperti yang pernah dibuatnya, serba custom dan pakai bahan stainless steel yang perlakuannya lebih susah jika dibanding besi atau aluminium.

Yang tentu saja ini jadi salah satu pertimbangan juri memberi nilai lebih, selain konsep dan finishing sempurna. Bagian pertama yang dibuat tentu frame, “Semua komponen bodywork hasil custom, menggunakan bahan stainless steel dengan ketebalan 6 mm, tanpa sambungan di dalamnya sehingga lebih kuat dalam menopang beban mesin dan pengendara,” buka Andika. Bentuk frame melengkung memeluk mesin.

Semakin kental aura cafe racer dengan pemasangan setang yang rendah dan dibuat lebar, membuat rider akan lebih merunduk. Di depannya terpasang headlamp LED dengan batok custom yang lagi-lagi berbahan stainless steel.

Beralih ke tangki bahan bakar, tentu juga berbahan stainless steel tapi dibikin membulat dengan ukuran mungil, bahkan kalah lebar dari mesinnya. Di belakangnya terpasang single seater berbalut kulit sintetis cokelat yang menonjolkan nuansa klasik. Ujungnya tentu ada buntut tawon khas cafe racer tapi dengan ukuran mungil.

Urusan kaki-kaki, Andika sengaja menyematkan pelek aluminium custom dengan ukuran depan dan belakang sama 3.50x21, yang dibalut ban Shinko tipe 57S. Teromolnya sangat besar dengan disc brake di dalamnya milik Honda CBX550F.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI