Tampilkan di aplikasi

MotoGP Putaran 17, akhir masa paceklik

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 26-XXVIII
31 Oktober 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 26-XXVIII

Kondisi motor lebih prima, Vinales bisa buka jarak lebih lebar dan mencatat fastest lap

OTOMOTIF
Jika Honda sangat cocok dengan karakter sirkuit Motegi, Jepang, maka sirkuit Phillip Island di Australia sangat cocok bagi Yamaha. Hal ini yang membuat para pembalap Yamaha selalu tampil all out meski mereka sedang mengalami paceklik kemenangan.

Seperti MotoGP putaran 17 (28/10) di sirkuit itu. Dua pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi tampil prima sejak sesi latihan bebas, hingga kualifikasi (26- 27/10). Tidak ada evaluasi yang banyak jika dibandingkan data yang dipakai saat di Buriram (Thailand), ketika Rossi dan Vinales bersaing di posisi terdepan.

KONSISTEN

“Tikungan cepat di sini (Phillip Island) selalu cocok dengan Yamaha YZR-M1. Meskipun kami buruk di banyak sirkuit, tetapi kami selalu bagus di Australia. Ini yang terpenting, sebab hanya Phillip Island kesempatan besar kami untuk menang,” tutur Rossi.

Benar saja, Maverick Vinales berhasil meraih kemenangan. Ini mengakhiri puasa kemenangan yang terakhir kali diraih di Assen, Belanda 2017. Puasa kemenangan di 25 ronde, dibuka oleh pembalap dengan nomor start 25 tersebut.

Banyak yang bilang, keberhasilan ‘Top Gun Maverick’ karena Marc Marquez (Repsol Honda Team) keluar dari balapan usai insiden dengan Johann Zarco di lap ke-6. Apakah benar? Padahal, jika melihat race pace MV25, ia konsisten dengan catatan waktu 1 menit 30 detik, saat pembalappembalap lain stagnan di 1 menit 31 detik.

Beberapa kali Vinales juga mencatat waktu 1 menit 29 detik dan menjadi fastest lap di Australia tahun ini. “Sesudah beberapa lap, saya merasa motor saya bisa melebihi kemampuannya dan saya memaksimalkan hal itu sehingga catatan waktu pun makin bagus. Ini juga perkembangan bagus yang ditunjukan tim, sebab balapan di Phillip Island ini cukup sulit tapi saya bisa membuka jarak yang cukup jauh,” tutur Vinales.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI