Tampilkan di aplikasi

Daihatsu Xenia X 2016, bila hobi mengalahkan isi dompet

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 27-XXVIII
14 November 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 27-XXVIII

Modifikasi audionya seharga mobil? / Foto : Johan

OTOMOTIF
Hobi terkadang bisa mengalahkan segalanya, termasuk akal. Mungkin Anda akan geleng-geleng kalau tahu biaya memodifikasi audio di Daihatsu Xenia X milik Bernard Ega ini. Ia bela-belain memasang sederet peranti audio mahal, hanya untuk memuaskan hasratnya akan dunia audio otomotif.

Sebagai gambaran saja, beberapa waktu lalu ia mengikuti kontes audio Sound Quality Loud (SQL) di kelas 120 juta. “Itu baru harga perangkat audionya saja, belum termasuk biaya instalasi, pemakaian peredam, custom boks, lampu-lampu dan sebagainya,” sebut Basuki Rahmat, instalatur gerai audio Dua Saudara di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus, yang menangani istalasinya.

“Kalau ditotal bisa lebih dari harga mobil ini, hehehe..,” kekeh Ega, sapaan akrabnya. Ega malah mengatakan kalau modifikasi audionya saat ini masih belum memuaskannya. “Rencananya dalam waktu dekat akan ditambah lagi. Jok tengahnya mau saya copot untuk dipenuhi perangkat audio tambahan,” tukas pemukim di Citra Dua, Jakarta Barat ini. Wewww..! SABET JUARA 1 Namun ‘kegilaan’-nya akan dunia audio ini terbayar dengan kepuasan.

Modifikasi audio pada Xenia X jebolan 2016 miliknya tersebut, berhasil menyabet juara pertama kelas 120 juta dalam kontes SQL Car Audio Network (CAN) di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, belum lama ini. Wihh.. congratz ya sob! Perangkat audio yang digunakannya full keluaran Venom. “Kecuali head unit (HU), pakai Pioneer AVH X-8850 BT, karena Venom kan gak buat HU,” tukas Basuki.

Harga peranti ini di pasaran sekitar Rp 7,5 jutaan. Selebihnya kayak speaker, subwoofer dan power amplifier, semuanya menggunakan produk Venom. Lantas peranti mana yang bikin budget audionya bisa sampai ‘bengkak’ sampai segitu?
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI