Tampilkan di aplikasi

Bagai dipahat dari logam keras

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 27-XXVIII
14 November 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 27-XXVIII

Ada banyak perubahan pada truk ringan yang sudah berumur 40 tahun ini. / Foto : Haryadi Hidayat

OTOMOTIF
Di generasi keenam ini (di banyak negara disebut Mitsubishi L200), wajah New Mitsubishi Triton mengusung karakter jauh berbeda yang disebut Rock Solid. Sehingga lebih kekar dan kokoh, meninggalkan style versi sebelumnya yang lebih ‘sleek’. Desain bagian wajah yang disebut

Mesin diesel baru. New Mitsubishi Triton dibekali mesin baru 4N15 MIVEC, menggantikan mesin 4D56. Tenaganya diklaim mencapai 178 dk di 3.500 rpm, dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm.

Mesin turbo ini disebut clean diesel oleh Mitsubishi. Kompresinya disebut berada di Dynamic Shield, berubah drastis. Krom vertikalnya lebih tegak dibanding Pajero Sport. Tsunehiro Kunimoto, Vice President of Design Mitsubishi Motors Corporation (MMC), menyebut bagian depan ini bagai dipahat dari logam yang solid.

Kap mesin dan posisi lampu ini naik 100 mm dari versi sebelumnya. Sementara bagian belakang, bentuk angka 15,5:1, dan diklaim menghasilkan asap dan kadar racun yang sangat rendah. Bobot mesin juga diklaim berkurang, berkat pemakaian die cast aluminium.

Performa mesin tadi disalurkan ke transmisi otomatis atau manual, masingmasing 6-percepatan. O iya, mesin ini sudah dipakai duluan pada Triton di Thailand. Tapi, kompresinya lebih rendah, hanya 14,5:1. lampu rem kini lebih ‘umum’. Kotak dengan sedikit potongan di bawah.

Kalau dilihat-lihat sih, mirip lampu rem Ford Ranger. Mitsubishi memang merevisi model ini secara besar-besaran. Meski demikian, ini enggak benar-benar baru. Namun istilah yang digunakan bukan major change.

“Ini merupakan big minor change,” ujar Kazutomo Imai, Deputy Chief Vehicle Engineer, Product Development Division MMC, saat acara peluncuruan New Triton di Bangkok, Thailand (9/11) lalu.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI