Tampilkan di aplikasi

Pasar mobkas sedan, mumpung pasar lesu, harga jadi terjangkau

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 31-XXVIII
13 Desember 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 31-XXVIII

Pangsa pasar mobil bekas (mobkas) sedan masih lesu darah, lantaran kurang peminatnya. / Foto : RASPATI

OTOMOTIF
Pangsa pasar mobil bekas (mobkas) sedan masih lesu darah, lantaran kurang peminatnya. Justru itu menjadi peluang bagi yang tengah mengincar sedan, sebab harganya lebih terjangkau dibanding mobkas jenis LMPV, LSUV dan lainnya. Apalagi kalau tahun perakitannya makin tua, maka meminang sedan berkelas dari pabrikan Eropa maupun Jepang bisa diperoleh dengan harga lebih terjangkau.

OTOMOTIF melakukan pemetaan pasar mobkas sedan dengan menyambangi bursa mobkas di seputar Jakarta dan Tangerang. Faktanya, memang sepi peminat. “Kalau menurut saya pasar mobil sedan saat ini peminatnya berkurang, cuma orang tertentu saja yang beli. Soalnya sekarang orangorang pada cari mobil yang bisa muat banyak kayak LMPV atau LSUV,” tutur Sandi, dari Speed Motor di bursa mobil TEM’S, ITC Permata Hijau, Jakbar.

Meski begitu, pasarnya masih tetap bergeliat. Lantas siapa konsumennya? “Kalau yang beli sedan biasanya sih anak muda, kira-kira mahasiswa. Kalau orang tua sudah jarang yang melirik sedan,” lanjut Sandi. Lantas bagaimana dengan stoknya? Sedan apa yang jadi favorit? “Di gerai kami ada sedan Eropa seperti Mercy dan BMW serta sedan Jepang. Untuk varian yang paling laris, pertama adalah sedan Eropa seperti Mercedes-Benz E-Class, itu banyak yang cari. Lalu sedan Jepang seperti Toyota Vios, Camry dan Honda City dan Civic,” jawabnya, seraya bilang transmisi matik jadi incaran untuk pemakaian harian.

Kendati demikian, harga mobkas sedan diakui ‘terjun bebas’ sehingga relatif terjangkau. “Mobkas sedan dengan usia di bawah 5 tahun harganya cukup terjangkau. Tapi memang peminatnya agak jarang dibanding mobil keluarga yang lakunya lebih cepat,” kata Leovan Widjaja, Pemilik gerai mobkas Auto11 di Tangerang ini.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI