Tampilkan di aplikasi

Astra Honda Racing School, akselerasi proses penjenjangan

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 31-XXVIII
13 Desember 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 31-XXVIII

PT Astra Honda Motor (AHM) memulai program Racing School sejak 2010.

OTOMOTIF
PT Astra Honda Motor (AHM) memulai program Racing School sejak 2010. Ajang yang diberi nama Astra Honda Racing School (AHRS) ini merupakan program pembelajaran atau edukasi mengenai balapan, sehingga siswa mendapatkan bekal dasar yang kuat dan menjadi modal bagi pengembangan di masa depan.

Ajang ini menjadi penjajakan awal para pembalap belia mengenal motor sport dan sirkuit besar. Lalu di dalam AHRS terbagi menjadi dua kelas untuk fokus pembalap. Kelas sport 150 cc dengan Honda CBR150R dan Sport 250 cc menggunakan Honda CBR250RR. Hal-hal yang diajarkan adalah pemilihan racing line, teknik engine brake, dan slip streaming yang tepat.

Para pembalap yang ratarata usianya masih di bawah 17 ini juga diajari hal teknis secara singkat. Ini yang membuat mereka mengerti bagaimana mekanik bekerja maksimal, serta mampu memberi masukan kepada mekanik mengenai kekurangan yang ada pada motornya saat balapan. “Lalu kami juga memperhatikan ketertiban para siswa di AHRS. Mulai ketaatan waktu untuk bersiap balapan dan menuju waiting zone, ketertiban safety gear mereka juga diperhatikan. Jadi enggak berantakan penggunaan wearpack, boots, dan helmnya,” ujar M. Fadli Immamudin, Mentor di AHRS.

“Diajarkan juga cara mereka berkomunikasi yang baik dengan mekanik, teman-temannya, dan juga wartawan. Karena sikap itu penting dan menjadi dasar bagi pembalap yang baik. Percuma dia jago di lintasan, tetapi sikap dan perangainya buruk kan. Makanya kami juga ada penilaian dari segi sikap yang menentukan kelulusan mereka,” tambah Fadli.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI