Tampilkan di aplikasi

Perawatan Interior & Ruang Mesin, dianjurkan tiap 6 bulan

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 32-XXVIII
19 Desember 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 32-XXVIII

Menjaga kebersihan itu sebagian dari iman. Ya, apa pun yang bersih dan apik, biasanya pasti baik. Tak terkecuali pada mobil kesayangan. / Foto : DiC

OTOMOTIF
Menjaga kebersihan itu sebagian dari iman. Ya, apa pun yang bersih dan apik, biasanya pasti baik. Tak terkecuali pada mobil kesayangan. Bila mobil kita bersih luar dalam, pastinya akan terasa nyaman dikendarai. Apalagi bila mobil sering dipakai jalan-jalan bersama keluarga.

Tentunya Anda tak mau dong ada anggota keluarga yang jatuh sakit akibat kondisi kabin yang kotor, atau mobil bermasalah lantaran ruang mesin diserang hama tikus karena kebersihannya tak terurus. Sebab sudah beberapa kasus, tikus bersarang di ruang mesin dan menggigit kabel-kabel yang ada di sana.

“Bahkan kami pernah nemuin di mobil konsumen, ada anak tikus mati di saluran udara yang menuju evaporator. Baunya sangat menyengat sampai masuk dalam kabin, dan memang kondisi ruang mesinnya juga kotor,” papar HB. Suryo S., Service Manager bengkel resmi (beres) Suzuki Margonda, Depok (PT Sejahtera Armada Trada).

Makanya sangat disarankan untuk melakukan perawatan interior dan ruang mesin secara berkala, agar kebersihannya selalu terjaga. “Kalau dari Suzuki, dianjurkan setiap 6 bulan sekali, terutama ruang mesin,” timpal Eko Mardiono, kordinator lapangan beres Suzuki Margonda.

Hindari kandungan Acid. Alasan kenapa dianjurkan setiap 6 bulan sekali? “Karena dalam periode tersebut, biasanya ruang mesin sudah lumayan kotor. Tujuannya selain menghindari serangan hama tikus, juga agar menjaga komponen yang ada di dalamnya terjaga baik, apalagi di musim hujan sekarang ini,” jawab Eko.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI