Tampilkan di aplikasi

CBR Race Day 3, evaluasi tahun depan

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 32-XXVIII
19 Desember 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 32-XXVIII

Selain sistem perlombaan, ketepatan waktu juga wajib diperhatikan agar tidak over time.

OTOMOTIF
Pada akhir 2017, CBR Race Day untuk pertama kalinya diselenggarakan. Melihat animo peserta yang cukup banyak, ajang balap motor semerek Honda ini pun digelar sebanyak 3 kali di sirkuit Sentul, Jabar tahun ini. Hingga gelaran yang ketiga di 2018, pesertanya sudah mencapai 275 orang.

“Angka tersebut bertambah sejak CBR Race Day yang pertama kita gelar tahun ini. Mulai dari 150-an peserta, 200-an, sampai sekarang sudah melesat ke 275 orang di semua kelas. Mungkin akan kita evaluasi tahun depan dengan sistem ronde dan klasemen,” ujar Iwan Surya, Ketua Pelaksana CBR Race Day.

Memang, event ini belum memiliki sistem ronde atau putaran yang cukup jelas, sehingga tidak memiliki klasemen akhir. Hanya hadiah tiap putaran yang diberikan tanpa ada hadiah utama bagi pemenang juara umum di setiap kelasnya.

Harus berubah. Ada kelas Komunitas A 250 cc, Komunitas B 250 cc, Komunitas A 150 cc, komunitas B 150 cc, Non-komunitas 250 cc dan komunitas 150 cc, untuk kelas komunitas ini dilombakan berdasarkan bracket time yang sudah disaring dari kualifikasi.

Kalau komunitas A 150 cc itu 2 menit 2 detik, untuk Kom. B 150 cc 2 menit 6 detik. Lalu Kom. A 250 cc itu 1 menit 54 detik dan Kom. B 250 cc itu 2 menit 2 detik. Untuk non-komunitas yang pembalapnya berasal dari pembalap seeded dan non-seeded itu dibebaskan.

“Jadi kalau ada pembalap yang best time lebih cepat dari yang sudah ditentukan untuk kelasnya, maka langsung kami diskualifikasi,” tegas Iwan. Ini yang masih disesalkan beberapa tim dan pembalap.

Sebab mereka jadi ragu-ragu untuk ngegas motornya karena harus membuat catatan waktunya tepat dengan yang diwajibkan untuk kelas yang mereka lombakan, atau bahkan harus sedikit lebih lambat.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI