Tampilkan di aplikasi

Tubular Custom, no practice no sleep, no problem

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 33-XXVIII
3 Januari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 33-XXVIII

Balapnya tanpa beban di kelas terpanas.

OTOMOTIF
Dalam dunia kompetisi speed offroad, sosok H. Dirman memang cukup harum namanya. Adik kandung dari pemilik tim besar Jhonlin Racing Team (JRT) ini, biasa membesut tubular custom bermesin bengis dan berkaki canggih. Bertarungnya tentu di kelas G5.4, yang merupakan kelas terpanas di ajang balap off-road.

Dengan moto ‘No Practice, No Sleep, No Problem’, memang H. Dirman melakukan kegiatan balapnya tanpa beban. “Saya di balap off-road hanya menyalurkan hobi, yang penting bisa bahagia,” ucap H. Dirman. Makanya, prestasi bukan target utamanya. Walau kenyataannya tetap saja pria ramah ini kerap naik ke atas podium.

Tak heran bila timnya di ajang adventure off-road pun diberi nama HSH (Hanya Sekedar Hobi). O iya, kecintaannya pada balap off-road tak hanya di ajang speed off-road saja. Kompetisi adventure off-road pun kerap digeluti pria ini beberapa tahun terakhir.

Karena terbiasa membesut mobil berbasis mesin V8 dengan format kakikaki IFS (Independent Front Suspension), Dirman membulatkan niatnya untuk pakai kendaraan dengan format sejenis. Beruntung untuk mewujudkan tunggangan yang diinginkan, disanggupi oleh bengkel Dunan Custom 4x4 asal Tasikmalaya, Jawa Barat.

“H. Dirman memang sudah terbiasa dengan tunggangan bermesin bengis dengan kaki-kaki canggih. Saat itu, saya diminta mewujudkan tunggangan sejenis namun untuk kebutuhan adventure off-road,” ucap Henry Dunan, sang punggawa workshop.

Kebetulan sejak beberapa tahun silam, Henry sudah mengerjakan pilot project kendaraan kompetisi adventure off-road pada tunggangannya sendiri. Setelah trail and error dilalui oleh Henry dan teruji di lapangan, Dirman pun memutuskan untuk memesan tunggangan serupa lewat Henry. Namun, dengan dimensi dan mesin lebih kecil agar tetap lincah dan mudah untuk recovery. Apa saja ubahannya?
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI