Tampilkan di aplikasi

Kawasaki W175 2018, bubur ayam flat track

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 33-XXVIII
3 Januari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 33-XXVIII

Kalau tracker banyak flat track jarang. / Foto : RIZKY

OTOMOTIF
Café Racer? Tracker? Scrambler? Chopper? Sebut saja, hampir semua genre modifikasi itu dapat diterapkan pada Kawasaki W175. Hal ini membuktikan bahwa W175 merupakan platform modifikasi yang dapat mengakomodir berbagai kreasi dari builder-builder Indonesia. Namun, ada satu ubahan yang jarang dilakukan pada motor 175 cc ini yaitu Flat Track.

Flat Track sendiri merupakan olahraga bermotor asal Amerika Serikat, di mana motor berjalan secara menyamping (sideways) mengelilingi sirkuit tanah berbentuk oval. Ubahan W175 ala motor balap flat track ini dilakukan oleh workshop Katros Garage pada motor milik Dimas atau yang lebih dikenal dengan Den Dimas.

Sebelum jadi W175 flat track, pemilik akun media sosial Instagram @buburayamracer ini pernah mengcustom W175 juga di Katros Garage dengan gaya Café Racer. Menurut owner Katros, Andi ‘Atenx’ Akbar, Den Dimas memilih ubahan menjadi flat track karena jarang W175 yang dimodifikasi jadi besutan balap tanah tersebut.

“Kalau yang tracker kan banyak, kalau flat track jarang,” imbuh builder yang beralamat di jalan Cempaka 1 no.2, Rengas, Ciputat Timur, Tangerang Selatan Untuk itu, otomatis semua bagian tak penting dilucuti, termasuk tangki, lampu-lampu, jok, sampai panel bodi. Setelah hanya menyisakan mesin dan sasis, barulah Atenx beserta tim mulai menggarap.

Tangki dan bodi dibuat ulang dengan menggunakan material pelat galvanis dengan tebal sekitar 1,2 mm. Tangki dengan profil mengotak ini kini hanya cukup menampung bahan bakar sekitar 7 liter saja. Kemudian, bodi belakang khas flat track juga dibuat, lengkap dengan side plate tempat nomor start biasa diletakkan. Untuk mengakomodir bodi tersebut, sasis belakang harus dipotong, tepat di belakang sok.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI