Tampilkan di aplikasi

Suzuki GSF400 Bandit 1995, cafe racer cebol

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 33-XXVIII
3 Januari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 33-XXVIII

Buntut tawon custom yang ditemani stoplamp LED yang disematkan di ujung rangka. / Foto : Fajrin

OTOMOTIF
Punya naked bike Suzuki GSF400 Bandit yang cukup uzur, Andri Adistiana berniat meng-custom jadi cafe racer biar kekinian. Merealisasikannya pria yang tinggal di Serang, Banten ini memboyong Bandit ke Brilliant Custom Motorcycle (BCM).

Oleh Adi Prasetio, punggawa BCM, Bandit langsung dimutilasi, tepatnya bagian subframe yang aslinya panjang dan meninggi. Gantinya pipa seamless tebal 2 mm. “Itu agar mendapatkan posisi rangka yang lebih datar, sebagai dudukan single seater dan buntut tawon khas cafe racer,” ungkap Adi.

Selanjutnya tangki didesain ulang jadi menggembung, dibuat menggunakan pelat galvanis 1,2 mm. “Ukurannya menyesuaikan dimensi mesin 4 silinder yang lebar,” beber modifikator yang bermarkas di Jl. Rawa Jati No.102, Krukut, Depok, Jawa Barat.

Pekerjaan berikutnya merambah sektor kaki-kaki. Biar kekar untuk depan mengadopsi upside down Suzuki GSX-R1000 yang ukurannya besar. Untuk mengendalikannya dipasang setang NUI Racing model clip-on (jepit), sesuai dengan konsep cafe racer.

Sementara lengan ayun masih pakai bawaan motor. Hanya saja pelek dan ban berubah total, dan ini cukup unik karena Adi menyematkan ban Shinko tipe SR428, yang mana cuma punya 2 ukuran, 130/80-18 dan 180/80-14.

Shinko SR428 itu biasanya dipasang di motor segala medan seperti Yamaha TW200 atau Hyosung Karion, makanya kembangannya cukup kasar. Mmm... Jadi kurang cocok untuk cafe racer, baik kembangan maupun ukurannya karena sekilas jadi cebol.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI