Body armor di mobil off-road, bisa pakai tube fender

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 35-XXVIII
10 Januari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 35-XXVIII

Body armour atau pelindung bodi pada mobil off-road, fungsinya sangat penting. / Foto : Dok. JIP

OTOMOTIF
Body armour atau pelindung bodi pada mobil off-road, fungsinya sangat penting. Sebab, hantaman objek keras di trek off-road kayak batu, pohon, atau tebing, acap kali terjadi. Nah, salah satu panel yang bisa dimanfaatkan untuk body armour adalah bagian fender. Menilik tunggangan ‘main tanah’ kebanyakan, yaitu menggunakan ban dengan offset keluar dari bodi yang cukup jauh, tak sedikit yang hampir setengah ban ada di luar bodi. Jadi, penambahan fender atau fender flare, lumrah terjadi.

Kebetulan beberapa produsen aksesori off-road, mulai banyak yang memproduksi fender flare untuk mobil off-road dengan ubahan seperti ini. Beberapa jenis fender juga sudah memiliki fungsi body armour, dengan jenis tube fenders. Namun jenis fender ini hanya banyak ditemui pada kendaraan jenis Jeep Wrangler JK. Nah, model fender sepert ini kemudian jadi inspirasi para off-roader dan builder untuk membuat fender serupa yang disesuaikan pada jenis kendaraannya.

“Membuat tube fender ini harus punya hitungan dan konstruksi yang benar. Karena selain bertugas jadi fender tambahan, juga untuk melindungi bodi agar tidak rusak saat membentur sesuatu,” ucap Bobby Febriansyah, punggawa SaungOprek 4x4 di daerah Serpong, Tanggerang. “Pipa yang dibuat tidak perlu besar, karena tube fender ini tidak menerima impact langsung atau yang keras. Lebih banyak fungsinya hanya untuk menahan bodi mobil saat bersandar di batu atau pohon,” jelas Bobby yang kerap bangun mobilmobil off-road custom. Menurut pria yang akrab disapa Bob ini, cukup menggunakan bahan pipa seamless ukuran 1 inci.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI