Lenka GP12, ini yang namanya Mini GP!

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 35-XXVIII
10 Januari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 35-XXVIII

cocok buat penjenjangan pembalap muda.

OTOMOTIF
Tahun 2016 silam OTOMOTIF pernah mencicipi beberapa pocket bike atau biasa disebut Mini GP. Dari Lenka versi standar, versi korekan bengkel, sampai Polini. Nah di akhir 2018 lalu ada yang baru, yaitu Lenka GP12, secara ukuran sedikit lebih besar, jadi lebih pas kalau ini yang disebut Mini GP. Model begini, di luar negeri memang jadi andalan latihan pembalap profesional. Yang persis Lenka GP12 misalnya dipakai Sandro Cortese, juara dunia World Supersport 2018. Kalau yang versi mahal ada merek Ohvale asal Italia,, seperti dipakai Valentino Rossi. Baca halaman 21.

“Motor ini sudah bisa dipesan dengan sistem pre order, harganya Rp 25 juta. Akan datang sekitar awal Februari. Nantinya akan ada balapnya khusus kelas GP12 di Indoclub 2019,” ujar Setiawan Tjendraputro, selaku Direktur Lenka Indonesia yang mendatangkan motor ini dari Cina. Seperti apa detail dan performanya? OTOMOTIF sudah mencobanya loh di Sirkuit Sentul Internasional Karting alias Sentul kecil, Bogor. Yuk simak ulasannya!

Performa. Motor mungil ini dibekali mesin tegak dengan bore 58,5 mm dan stroke 54 mm, kapasitasnya jika dihitung 145 cc. Konstruksinya mirip mesin Honda GL Pro. Masih pakai karburator dan dilengkapi transmisi 5 percepatan yang menyalurkan tenaga maksimum 10,8 dk di 7.700 rpm dan torsi 11,2 Nm pada 5.700 rpm.

Karena tidak ada electric starter, jadi menyalakannya harus digenjot, blaarrr… “GP12 yang dites ini semuanya standar, mulai dari ban, sok dan bodi. Tapi mesinnya sudah open filter dan pakai knalpot custom dari Ahau. Kalau knalpot aslinya punya suara “adem”,” urainya. Digunakan selama beberapa lap mengitari Sentul kecil, tenaga yang dihasilkan mesin GP12 terbilang cukup responsif. Bukaan awalnya saat keluar tikungan cukup mengentak, setelah itu putaran mesin beranjak naik dengan cepat.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI