Tampilkan di aplikasi

Serba baru terus memburu

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 39-XXVIII
7 Februari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 39-XXVIII

Valentino Rossi dan Maverick Vinales. / Foto : RIZKY

OTOMOTIF
Penggemar MotoGP Indonesia harus berbangga. Karena Jakarta dipilih oleh tim MotoGP, Yamaha Factory Racing untuk memperkenalkan timnya, Senin (4/2). Minuman energi, Monster Energy menjadi sponsor utama baru bagi Yamaha, dengan mengusung nama Monster Energy Yamaha Factory Racing untuk tim dengan pembalap Valentino Rossi dan Maverick Vinales ini. Hadir dengan banyak hal baru, tim ini siap memburu juara.

Sehingga, warna livery Yamaha YZR-M1 pun tahun ini didominasi hitam dan biru tua, ditambah gradasi kedua warna ini di beberapa titik. “Ini jadi mirip dengan warna Internazionale F.C, klub sepakbola favorit saya,” seloroh Rossi. Selain livery, tidak ada perbedaan signifikan dari motor yang dipresentasikan dengan motor yang digunakan tahun lalu. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan ada perbedaan saat tes pramusim di Sepang, Malaysia (6-8/2). Misalnya dari suspensi depan motor yang dipresentasikan saja, masih menggunakan Ohlins versi biasa.

Padahal, suspensi depan yang sudah lama dipakai berbahan karbon. “Kami akan menunjukan hasil riset pada tes di Sepang nanti. Tim riset kami sudah bekerja dengan sangat baik di Italia dan Jepang agar YZR-M1 bisa kembali kompetitif, karena di 2018 kami menjalani musim yang sangat sulit,” ucap Lin Jarvis, Managing Director Monster Energy Yamaha MotoGP.

“Apalagi metode riset kami kini juga baru, dengan mengandalkan pembalap Asia dan Eropa. Di Asia, ada Katsuyuki Nakasuga dan Jonas Folger untuk di Eropa. Masukkan kedua pembalap ini akan jadi basis tes untuk Rossi dan Vinales untuk disempurnakan lagi mereka berdua. Jadi kami bisa mendapatkan data yang optimal,” tambahnya. Bukan hanya metode baru, elektronik, sasis, dan mesin baru pun juga digunakan untuk tahun ini. Ketiga elemen ini menjadi fokus utama riset tim berlogo garpu tala ini untuk bisa kembali kompetitif. Namun ada hal tradisional yang mereka pertahankan.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI