Tampilkan di aplikasi

Toyota Limo 2015, Limo roda delapan

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 39-XXVIII
7 Februari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 39-XXVIII

Toyota Limo roda delapan kembali nyeleneh setelah Vios bermuka dua.

OTOMOTIF
Beberapa waktu silam dunia modifikasi sempat dihebohkan dengan kemunculan Toyota Vios ‘bermuka dua’. Nah, yang satu ini enggak kalah ‘gokil’. Sama-sama menggunakan model mobil yang sama, yaitu Toyota Limo untuk taksi, namun dimodifikasi jadi pakai delapan buah roda, dengan konstruksi unik. Usut punya usut, ternyata kedua mobil dengan modifikasi ekstrem dan nyeleneh tersebut dimiliki oleh satu orang yang sama bernama Roni Gunawan. Ia pemilik perusahaan taksi Gemah Ripah di Bandung, Jawa Barat.

Ealahh..! SEMUA RODA BERPUTAR Modifikasi mobil enam roda memang pernah dilakukan. Namun yang dilakukan pada Limo ini benarbenar lebih edan. Tak tanggungtanggung, total ada 8 buah ban di mobil ini, dan semua rodanya berputar saat mobil dijalankan. Dua roda di depan, enam lagi (tiga pasang) di bagian belakang. Tapi 2 dari 6 roda belakangnya, posisinya disusun vertikal, menempel di samping bodi, alias tidak bersentuhan dengan aspal langsung. Posisinya sendiri berada tepat di bagian tengah pintu belakang.

“Dibuatkan rumah hub wheel lagi biar bisa muter,” kata Roni. Ya, ketika mobil bergerak, dua roda yang menempel di bodi atas tersebut ikut berputar. Namun putarannya berlawanan arah dengan gerak roda yang menyentuh aspal. Ini karena posisi tapak ban bagian bawahnya bersinggungan dengan tapak ban bagian tengah bawah. “Roda yang atas ditambahi per kecil agar nempel terus dengan tapak roda ban yang bawah,” Roni lagi.

Pengerjaan modifikasinya termasuk rumit loh, lantaran ada penambahan sasis custom berbentuk kotak, dengan tambahan besi yang melintang diagonal untuk menopang bobot roda bagian atas. “Ini agar roda yang atas tidak goyah dan dudukannya kuat,” jelas Roni, yang mengaku sudah habiskan dana Rp 80 juta untuk pengerjaan modifikasi ini.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI