Honda Tiger Revo 2008, aluminium boardtracker

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 01-XXIX
15 Mei 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 01-XXIX

Aluminium boardtracker.

OTOMOTIF
Gelaran pameran otomotif tahunan di Kemayoran, Jakpus yang berlangsung pekan lalu, juga menjadi tempat pelaksanaan kontes Indonesian Custombike Expo & Championship (ICEC) 2019 region Jakarta. Pemenang di kelas Free for All diraih Honda Tiger beraliran boardtracker milik Rizaldi Parani ini.

Keberhasilan ini tentu hasil dari kerja keras Rizaldi, yang ternyata punggawa Riko Custom dan berkolaborasi dengan bengkel Protechnic. Eksekusinya setelah konsep matang, diawali dari pembuatan rangka. “Rangka kami buat menggunakan bahan aluminium berketebalan 5 mm, kemudian dibentuk sesuai nuansa boardtracker,” ungkap Rizaldi yang bermarkas di Jl. Ampera 2 No. 95A, Ragunan, Jakarta Selatan.

Tentu saja sisi belakang rigid alias tanpa peredam kejut, sasis atas langsung ketemu yang bawah tanpa lengan ayun. Sementara yang depan pakai suspensi model girder dengan lengan pemegang roda cuma ada di sisi kanan. “Meski memakai suspensi tunggal, tetapi saat dikendarai keseimbangan dan handling-nya dijamin tetap terjaga,” beber Rizaldi. Sebagai pengendali roda depan, pakai setang berbahan pipa seamless 6 mm yang sangat bersih tanpa kabel yang terlihat.

Tidak hanya rangka yang terbuat dari aluminium, tangki dan body work lainnya juga dari bahan yang sama dengan ketebalan 2 mm. Tangkinya dibikin model menggantung seakan dipeluk rangka utama. Joknya single seater dibuat tipis dengan balutan kulit untuk menonjolkan nuansa klasiknya. Agar lebih nyaman karena roda belakang rigid, Rizaldi memasangkan suspensi sepeda untuk joknya dengan link mirip uni-track.

Untuk roda, sesuai pakem boardtracker tentu pakai lingkar besar, Rizaldi menyematkan pelek aluminium berukuran depan dan belakang sama 2.50x21, yang dibalut ban Avon tipe Road Runner. Warna dibiarkan silver khas aluminium dan dikombinasi sedikit pin stripe di beberapa bagian. Detail unik lainnya knalpot dengan pipa menyamping khas boardtracker yang merupakan karya Protechnic.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI