Tampilkan di aplikasi

Pengecekan kendaraan pasca mudik agar kembali fit

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 05-XXIX
30 Mei 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 05-XXIX

Pengecekan rem / Foto : Rendy

OTOMOTIF
Setelah melakukan perjalanan jauh untuk liburan atau mudik bertemu sanak family di kampung, pastinya pengalaman yang menyenangkan. Apalagi bersama dengan keluarga. Tak jarang demi menuju lokasi tujuan, kendaraan dipaksa melibas berbagai kondisi jalanan juga cuaca.

Nah, agar nanti kendaraan tetap dalam kondisi prima, serta dapat diandalkan sebagai alat transportasi harian saat beraktivitas kembali, maka ada baiknya melakukan ritual ringan. Maksud ritual adalah pengecekan untuk memastikan kendaraaan dalam kondisi seperti semula. Sebenarnya, ritual ini bukan hal yang baru.

Ya, OTOMOTIF setiap tahunnya memang kerap mengingatkan hal ini. Ritual pengecekan dan perawatan ini tak beda jauh dengan servis rutin. Namun ada baiknya dilakukan demi mengembalikan kondisi kendaraan tetap segar untuk menemani rutinitas harian kita. Nah, berikut hal-hal yang perlu mendapatkan pengecekan dan perawatan setelah melakukan perjalanan mudik.

1. Cuci Eksterior & Bersihkan Kabin Ritual paling awal adalah membersihkan mobil dari kotoran yang menempel selama perjalanan.
2. Lakukan Spooring & Balancing Ulang Setelah menempuh perjalanan mudik dengan kondisi jalanan yang beragam, wheel alignment cenderung berubah.
3. Cek rem paling mudah, cek kondisi kampas rem, karena komponen ini kerjanya cukup berat. Lebih baik sekalian bersihkan. Jika ketebalan kampas sudah mulai menipis segeralah ganti, karena keselamatan berkendara menjadi taruhannya.
4. pengecekan ban periksalah kondisi permukaan ban dan tekanan angin. Cuaca panas dan kondisi jalan yang bervariasi (bergelombang atau bahkan rusak), tentu dapat mempengaruhi kondisi ban.
5.Cek air aki, Untuk mobil yang menggunakan aki basah, periksalah kondisi air akinya. Jika kurang dari batas minimum, segera tambahkan dengan air aki kemasan isi ulang. Sebab air aki yang kurang, akan merusak sel-sel aki, sehingga mengakibatkan pengisian listrik akan berkurang atau bahkan tekor.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI