Manis tapi berotot

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 09-XXIX
10 Juli 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 09-XXIX

Astra Daihatsu Ayla 2016

OTOMOTIF
Termasuk spesies yang dirancang sebagai LCGC murah alias Low Cost Green Car, membuat Daihatsu Ayla jumlah punya populasi yang besar. Oleh karenanya, untuk membuat tongkrongan Ayla lebih ‘stand out’, mesti dibuatkan konsep personalisasi yang keren. Ini salah satu ide yang menarik dari Tomi Gunawan, pemilik bengkel cat Tomi Airbrush di kawasan Kedoya, Jakarta Barat. Oleh Tomi, Ayla berpenampilan standar pabrikan ‘disulap’ jadi eye catching.

Eksterior. Bagian eksterior jadi fokus utamanya. “Bodi yang ramping dan kurus mesti diubah sedikit berotot,” kekeh Tomi. Maka yang ia lakukan adalah mempertebal bagian bodi dengan menambah bahan fiberglass, terutama di bagian bodi samping (fender dan pintu depan belakang). Bodi samping bagian tengah ditambahi bahan fiberglass dengan lekukan nat baru. “Kini tebal bodi samping bertambah melar sekitar 6 cm di bagian depan dan 10 cm di bagian fender belakang,” kata Tomi lagi.

Ubahan over fender ini juga diikuti dengan desain bumper yang dibuat lebih manis, yang semula bentuk grille-nya besar dengan tarikan garis kaku, oleh Tomi dirombak. Grille depan dibuat dua bagian, atas bawah, “Yang atas dibuat lebih oval sehingga kesannya lebih manis dan lucu,” kata Tomi. Nah, bicara manis dan lucu, Tomi kemudian mengganti kelir standar pabrikan dengan warna cerah ini. “Konsep warnanya cerah dengan xirallic green, karena pemilik suka warna hijau, karena bikin penampilan lebih menarik dan sporty,” lanjut Tomi.

Lantaran kadung bikin mobil yang eye cacthing ini, Tomi tak mau tanggung. Pintu bagian depan dibuat mekanisme pintu gunting alias scissors door mirip Lamborghini. Menurutnya, Tomi, ia membeli komponen engsel pintu gunting yang sudah jadi, “Lantas dicustom ulang sehingga mempunyai kekuatan yang baik dan tahan lama,” imbuhnya.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI