Suzuki Satria F150 2012, satria F300

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 10-XXIX
17 Juli 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 10-XXIX

Sekilas standar, tapi kalau dari suaranya jelas beda banget!

OTOMOTIF
Sesuai dengan namanya, Bengkel Oji Motor 2 Silinder (OM2S) memang spesialis dalam menggarap motor jadi multi-silinder. Biasanya mereka menggarap motor-motor laki seperti Honda Tiger dan Yamaha Scorpio untuk dijadikan mesin V-Twin. Kali ini mereka mendapat tantangan membuat mesin inline di Suzuki Satria F150.

Meski ini bukan kali pertama OM2S dalam membuat mesin dua silinder segaris, tapi untuk Satria bisa dibilang ini pertama di Indonesia. “Awalnya ada customer langganan yang ingin membangun motor lagi. Setelah berdiskusi kami menyarankan menggunakan bahan Satria karena belum ada sebelumnya,” buka Rizky Fauzi alias Oji.

Setelah ‘Pak Haji’, customer yang ingin membangun motor mendapat bahan Satria, Oji dapat memulai proses pengerjaannya. Karena motor ini akan digunakan untuk transportasi harian anak Pak Haji, mayoritas bodi dibiarkan standar. Prioritas ubahan tentu menyasar pada mesin yang jadi dua silinder. Untuk jadi dua silinder, Oji pakai silinder standar. Yang berarti semua part-nya menggunakan standar Satria F150, hanya saja speknya ‘dikali’ dua.

Jadi kapasitasnya 147,25 dikali 2, total jadi 294,5 cc, maka sebut saja ini Satria F300. Pertama-tama Oji mencari bahan mesin untuk dijadikan donor silinder kedua. Motor yang digunakan harus legal, dengan kondisi masih bagus. Kemudian diambil segelondong mesinnya. Proses pembuatan crank case custom, Oji menggabungkan dua crank case menjadi satu.

Semua pekerjaan dilakukan di bengkelnya yang terletak di Jl. KH. Hasyim Ashari No.16 Gondrong Kenanga, Cipondoh, Tangerang, Banten. “Crank case pertama di sebelah kanan diambil kedua sisinya, sedang crank case kedua diambil sisi kirinya saja. Kemudian digabung menjadi satu menggunakan las argon,” jelas Oji yang mulai membuat mesin multi-silinder sejak 2009.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI