Tampilkan di aplikasi

Mazda2 2019, hatchback semitubular

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 14-XXIX
14 Agustus 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 14-XXIX

Dikembangkan di Australia dan Selandia Baru.

OTOMOTIF
Mobil reli spesifikasi AP4 sangat mengemuka ketika Rifat Sungkar sukses menghadirkan Mitsubishi Xpander tampilan reli saat pameran otomotif lalu. Mobil spesifikasi AP4 ini dikembangkan di Australia dan Selandia Baru. Menjadi ‘mainan’ baru bagi para penggemar motorsport.

Ketika Rifat masih mengembangkan Xpander-nya, H. Rihan Variza malah telah sukses memboyong Mazda2 spesifikasi AP4 ke Indonesia. Menjadi tunggangan terbarunya dan mengikuti ajang Asia-Pacific Rally Championship (APRC) di Sumut beberapa waktu lalu. Hasil lomba selama dua hari, pereli dari tim HRVRT BGM HBM BMB itu berhasil menjadi juara pertama.

“Sebenarnya saya tidak menyangka bisa juara. Target kita sebenarnya hanya mencoba mobil dan bisa finish tanpa kendala. Tapi ternyata bisa menjadi juara, jadi ya pasti senang banget,” ucap Rihan yang juga senang menembak ini. Tentu bukan skill saja yang bikin Rihan bisa menjuarai, melainkan juga didukung dengan pacuan terbarunya tersebut.

Mobil Mazda2 yang dipakai bisa disebut sebagai hatchback semitubular, dan terlahir sebagai mobil motorsport. “Jadi memang khusus dibangun untuk balap atau reli,” sebut Rizal Sungkar dari RFT Motorsport yang turut mempersiapkan mobil. Seperti apa detail dari Mazda2 spesifikasi AP4 ini?

Mesin. Untuk pemilihan mesin, wajib sesuai dengan mother company. Untuk Mazda berarti bisa juga pakai mesin Ford. Mesin yang terpasang ini aslinya 2.000 cc, namun diturunkan kapasitasnya menjadi 1.600 cc. Selain itu ditambahkan turbo keluaran Garret.

Selain itu, untuk intake plenumnya diganti bikinan Force Motorsport yang memang meracik mobil ini. Dimensinya lebih besar dibanding standar, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI