Tampilkan di aplikasi

Tips bebersih ruang mesin sendiri, bersih dalam 1 jam

Tabloid OTO PLUS - Edisi 46
8 Juni 2017

Tabloid OTO PLUS - Edisi 46

Dalam waktu satu jam mesin bisa bersih lagi. “Cuma modal sabun cair hijau, obat jamur kaca, kompon putih, dan engine degreaser aja kok,” tukas Ek0. / Foto : Iman

OTO PLUS
Untuk permukaan karet seperti selang-selang dan tutup botol minyak rem juga power steering membersihkannya beda lagi. “Kalau karet cukup pakai obat tadi lagi, tapi kalau sudah terlalu kotor enggak usah ditambah air lagi,” ucap Eko. Kemudian, dengan menggunakan kuas, oleskan obat tadi secara merata. Kemudian lap dengan chamois dulu dan dikeringkan menggunakan microfiber lagi. “Untuk tutup minyak rem biasanya ada huruf timbul tuh, membersihkannya bisa pakai sikat gigi,” tambahnya.

Agar lebih mengilap bisa dilapisi lagi dengan semir ban tadi dan dilap dengan microfiber. Umumnya mesin mobil sekarang ada cover plastiknya selain rumah filter udara. Kalau sudah kotor biasanya ada flek putih bekas air campur debu. “Untuk bagian ini, campur obat jamur kaca dengan sabun cair hijau tadi dan tambahkan sedikit air, kemudian aduk sampai rata,” jelas pria 40 tahunan ini.

Kemudian aplikasikan menggunakan kuas dan sikat gigi tipe medium ke bagian plastik tadi sedikit demi sedikit, “Jangan langsung semua, jadi per bagian dan langsung lap dengan lap chamois dulu. setelah itu dikeringkan dengan lap microfiber,” jelasnya. Agar lebih mengkilap, bisa dilapis lagi dengan semir ban dan langsung dilap lagi dengan lap microfiber, “Kalau enggak dilap debu malah makin lengket,” ucap Eko.
Tabloid OTO PLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI