Edi Yunara, Dr., S.H., M.H.

Edi Yunara, lahir di Medan pada tanggal 20 Juni 1960. Setelah menamatkan pendidikan dasar dan menengah pertama di Kota Tanjung Balai (Asahan) serta sekolah menengah atas di kota kelahirannya, pada tahun 1979 melanjutkan kuliah pada Fakultas Hukum Universitas Sumatra Utara (USU) Medan dan memperoleh gelar sarjana hukum pada tahun 1985. Kemudian, pada tahun 1998 mengikuti pendidikan Program Pascasarjana (S-2) di USU Medan. Selanjutnya, pada Agustus 2008 penulis meraih kandidat doktor di universitas yang sama.

Semasa kuliah penulis aktif dalam berbagai organisasi dan menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan dan pernah menjadi anggota pengurus pada HMI Komisariat Fakultas Hukum USU sejak tahun 1980F 1982, juga menjadi anggota Senat Mahasiswa Fakultas USU Medan periode 1982-1984.

Sejak tahun 1985-1995 penulis pernah menjadi Dosen Luar Biasa pada Fakultas Syariah IAIN Sumatra Utara serta mengasuh mata kuliah Asas-Asas Hukum Pidana dan Asas-Asas Hukum Perdata.

Tahun 1986-sekarang penulis menjadi staf pengajar (dosen) pada Fakultas Hukum USU Medan yang mengasuh mata kuliah Kriminologi, Victimologi, Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Tata Usaha Negara, Perbandingan Hukum Pidana, dan Tindak Pidana Khusus. Dan sejak tahun 1998FVHNarang menjadi Dosen Luar Biasa pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) USU dan mengasuh mata kuliah Kriminologi.