Sarlito Wirawan Sarwono (alm.) (1944)

Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono (alm.)

Mendiang penulis lahir di Purwokerto pada 1944 dan merupakan lulusan Fakultas Psikologi UI (1968), kemudian melanjutkan studi setingkat S-2 di Universitas Edinburgh tahun 1973 (Skotlandia) dan Universitas Leiden tahun 1976 (Belanda), serta S-3 di Universitas Indonesia pada tahun 1978.

Beliau pernah menjabat sebagai Guru Besar Psikologi, Dekan FPsi-UI (1997–2004), Ketua Program Studi Kajian Ilmu Kepolisian UI (sejak 2006), Dekan FPsi UPI YAI (sejak 2009). Penulis juga pernah menjadi peneliti di East West Center, Hawai, dan menjadi Guru Besar Tamu di Universitas Cornell (AS), Universitas Nijmegen (Belanda), Universitas Victoria (Selandia Baru), dan Universitas Malaysia.

Di Indonesia sendiri, Beliau pernah aktif memberikan kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, Universitas Persada Indonesia, dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian. Penelitian yang pernah dilakukan penulis di antaranya mengenai: Seksualitas Remaja, Rumah Susun, Lalu Lintas, Prasangka, Deradikalisasi Teroris. Selain itu juga penulis pernah menjadi konsultan TransCorp/Paragroup dan Penasihat Ahli Kepala Kepolisian RI.

Judul tulisannya menyangkut bidang-bidang yang sangat bervariasi, mulai dari masalah remaja, rumah tangga dan kesehatan reproduksi, sampai dengan masalah lingkungan dan sosial politik. Namun apa pun judulnya, analisisnya selalu dari sudut pandang psikologi, yaitu bidang ilmu yang menjadi keahliannya.