Yudi Kristiana

Yudi Kristiana, lahir di Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah, tanggal 15 Oktober 1971. Penulis menamatkan sekolah di SD Negeri Dawung III, SMP Negeri I Jumantono, dan SMA Negeri I Karanganyar. Tahun 1990 selepas dari SMA melanjutkan studi S-1 FPBS Jurusan Bahasa Inggris IKIP Yogyakarta, tetapi hanya satu tahun karena tidak ingin hidup susah seperti bapaknya yang berprofesi sebagai guru SMP. (Namun belakangan setelah menjadi jaksa justru ingin kembali melanjutkan cita-citanya yang terputus, yaitu menjadi guru/dosen). Pada tahun 1991 masuk Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret dan lulus tahun 1995 dengan Konsentrasi Hukum Internasional dengan menulis skripsi dengan judul Usaha PBB untuk Menegakkan Kembali Demokrasi di Haiti di bawah bimbingan Prof. GPH. Haryomataram, S.H.

Pada tahun 1997 penulis diangkat sebagai calon jaksa dan ditugaskan pertama kali di Direktorat Prodsarin Intelijen Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Pada tahun 1998 mengikuti seleksi Program Jaksa S-2 untuk yang pertama kalinya diselenggarakan kejaksaan. Program tersebut merupakan kerja sama Undip—Kejagung dan oleh karenanya dipindahtugaskan di Kejaksaan Negeri Semarang bidang intelijen.

Pada tahun 2001 penulis lulus S-2 Undip konsentrasi Sistem Peradilan Pidana dengan judul tesis Independensi Kejaksaan dalam Penyidikan Tindak Pidana Korupsi dibawah bimbingan Prof. Dr. Loebby Loqman, S.H., M.H.