Hiskia Achmad, Drs.

Drs. Hiskia Achmad dilahirkan di Timor pada tahun 1932. Diterima sebagai mahasiswa di FIPIA (Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam), Universitas Indonesia di Bandung dan lulus dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1962 dengan mata pelajaran utama Kimia Anorganik dan mata pelajaran tambahan Kimia Fisika dan Mineralogi. Sejak itu penulis menjadi staf pengajar di Kimia ITB dan sebelumnya diangkat sebagai Asisten Tingkat II (pegawai negeri) pada tahun 1959-1962. Pada tahun 1966-1967 penulis mengikuti International Postgraduate Program in Chemistry and Chemical Engineering di Tokyo Institute of Technology dan memperoleh Diploma dalam bidang Analytical Chemistry and Chemical Education. Selain sebagai pengajar di ITB, penulis juga dosen luar biasa di Universitas Katolik Parahyangan Bandung (sampai tahun 2003) dan di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang sampai kini.

Pada tahun 1964-1966 dan 1969-1999 (hingga satu tahun setelah pensiun) penulis bertanggung jawab sebagai Koordinator Kimia Dasar ITB. Selain mata kuliah Kimia Dasar di ITB, sebelum pensiun penulis juga mengajar mata kuliah Kimia Analitik, Kimia Anorganik, dan Kimia Lingkungan.

Pada tahun 1997 penulis dipercaya sebagai Honorary Vice President International Youth Science Forum, suatu forum di mana siswa-siswa dari 60 negara di dunia berkumpul di London untuk terlibat dalam kegiatan yang terkait dengan sains, termasuk berinteraksi dengan ilmuwan yang menonjol di tingkat internasional.