Tampilkan di aplikasi

Pemerataan ekonomi ala Kopsyah BMI

Majalah Peluang - Edisi 97
6 April 2018

Majalah Peluang - Edisi 97

Bertekad untuk tetap menjadi koperasi terdepan yang peduli terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin.

Peluang
Bertekad untuk tetap menjadi koperasi terdepan yang peduli terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin. Kopsyah BMI menggelar puncak perayaan milad ke 5 dan masa operasional ke 15 di sebuah desa yang jadi tempat kelahirannya. Sukadiri, sebuah kecamatan di utara Kabupaten Tangerang. Menyatu dengan masyarakat, jauh dari hiruk pikuk seremonial.

KECAMATAN berpenduduk sekitar 60.000 orang itu tiba-tiba terasa meriah di sabtu pagi (24/3/18) itu. Serombongan orang dengan t-shirt berlogo Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) terlihat berjalan santai menyusuri jalan-jalan desa yang masih tampak lengang, sementara tabuhan suara musik gambang kromong mengiringi tarian sepasang ondel-ondel yang ikut meramaikan puncak perayaan Milad ke-5 Kopsyah BMI.

Pemilihan lokasi milad di kecamatan yang berasal dari Kecamatan Mauk itu, bukannya tanpa alasan. Sukadiri, kata Presdir Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara boleh dibilang merupakan ajang penggodokan mental dan kesabaran dirinya untuk tetap konsisten mengembangkan koperasi yang semula bernama Lembaga Pembiayaan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (LPP-UMKM).

Lembaga yang digagas oleh Mat Syukur dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini adalah simpulan studi identifikasi skim-skim pembiayaan bagi pelaku UMKM yang mendapat dukungan penuh dari Pemkab Tangerang. “15 tahun lalu, tidak banyak yang percaya bahwa usaha ini bakal bertahan, karena siapa bisa yakin sebuah usaha simpan pinjam dapat maju tanpa agunan.

Hari ini terbukti bahwa lembaga yang kami dirikan ini mampu eksist bahkan menjadi koperasi terbesar di Provinsi Banten,” ujar Kamaruddin yang tak dapat membendung rasa harunya saat menyampaikan pidato dihadapan lebih dari 1.300 hadirin yang memenuhi Stadion Mini Sukadiri.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI