Tampilkan di aplikasi

Formula kejujuran bisnis Rasulullah

Majalah Peluang - Edisi 101
9 Agustus 2018

Majalah Peluang - Edisi 101

Prinsip-prinsip manajemen Rasulullah SAW baru dikenal luas dan diimplementasikan para pebisnis modern sejak abad ke-20, padahal Rasulullah SAW hidup pada abad ke-7.

Peluang
Salah satu sisi Muhammad SAW ternyata jarang dibahas dan kurang mendapat perhatian oleh para ahli sejarah maupun agama yaitu sisinya sebagai pebisnis ulung. Sang paman (Abu Thalib)-lah mengajari Rasulullah SAW cara-cara berdagang. Saat berusia 12 tahun, ia diajak pergi bersama untuk berdagang (dari Makkah) ke negeri Syam (kini: Suriah).

Sukses Rasulullah SAW dalam berbisnis terkait erat dengan kejujuran yang mendarah daging. Sangat pas jika penduduk Makkah menggelarinya Al Shiddiq. Rasulullah juga dikenal sangat teguh memegang kepercayaan (amanah), hingga beliau juga mendapat julukan Al Amin (terpercaya).

Nabi melakukan enam kali lawatan bisnis ke luar negeri; di antaranya ke Syam (Suriah), Bahrain, Yordania dan Yaman. Selama lawatan bisnisnya, Muhammad selalu sukses, menghasilkan keuntungan. Lima lawatan bisnisnya dilakukan atas nama wanita pebisnis terkemuka Makkah yang bernama Khadijah binti Khuwailid, yang kelak menjadi istri beliau.

Selama 20 tahun, sampai diangkat menjadi Rasul pada usia 40 tahun, beliau jadi CEO korporasi bisnis Khadijah. Boleh dikatakan bisnis yang dilakukan Muhammad dan Khadijah adalah bisnis konglomerat. Para ahli bisnis modern seperti Frederick W. Taylor dan Henry Fayol mengangkat prinsip manajemen sebagai sebuah disiplin ilmu pada abad ke-19.

Rasulullah SAW telah mengimplementasikan nilai-nilai manajemen modern itu 15 abad sebelumnya. Rasulullah SAW telah dengan sangat baik mengelola proses, transaksi, dan hubungan bisnis dengan seluruh elemen bisnis serta pihak yang terlihat di dalamnya. Seperti dikatakan Prof. Aflazul Rahman dalam bukunya Muhammad: A Trader, Rasulullah tidak pernah membuat pelanggannya mengeluh.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI