Tampilkan di aplikasi

Cara sederhana mengasah kreativitas

Majalah Peluang - Edisi 104
6 November 2018

Majalah Peluang - Edisi 104

Bila keputusan terbaik anda tidak berjalan sesuai harapan (rencana A), lanjutkan melangkah dengan rencana B.

Peluang
Banyak jalan menuju Roma. Banyak juga jalan untuk mengembangkan kreativitas diri, sebenarnya. Berikut 10 langkah sederhana yang bisa anda biasakan menjadi ‘konstruksi teoritis’ dala keseharian menjalani bisnis.

Ubahlah cara berpikir dari negatif ke positif. Semakin positif kita mampu mengembangkan cara berpikir, semakin tumbuh rasa percaya diri dan optimisme dalam menghadapi permasalahan.

Kreativitas anda biasanya akan makin terdorong mencari solusi atas permasalahan. Ketika menghadapi rintangan, biasakan menyikapinya dengan lapang dada dan yakin, “Ya, ini kesempatan untuk menjadi lebih baik”. untuk menjadi lebih baik”.

Tulislah secara rinci situasi kesulitan imanensial yang anda hadapi. Lacak dan catat segala hal yang berkaitan dengan tantangan anda. Apa saja penyebab anda tertekan? Apa saja yang anda khawatirkan pada tahap selanjutnya?

Kenapa anda tidak bahagia? Ini sama sekali tak ada hubungannya dengan berpikir negatif. Dengan menuliskannya, problem jadi terelaborasi dengan jelas, anda akan tertantang berpikir mencari jalan keluar.

Selalu bertanya. Jangan cepat puas dengan jawaban singkat. Latih dan biasakan untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya, ketika bisnis anda sedang menurun, selidiki kenapa,

mengapa penjualan mengecil? karena semakin banyak kompetitor? atau kualitas produk anda di bawah standar? Dengan semakin banyak pertanyaan yang diajukan, pikiran akan bekerja makin giat mencari solusi.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI