Tampilkan di aplikasi

Mendongkrak daya pikir kreatif

Majalah Peluang - Edisi 106
4 Januari 2019

Majalah Peluang - Edisi 106

Jangan remehkan dua hal sepele ini. Yaitu sempatkan nonton saban minggu dan nikmati liburan. Manfaatnya bisa tak terduga. Refreshing semacam itu positif memicu munculnya bibit-bibit ide kreatif.

Peluang
Anda mungkin merasa awam dengan berpikir kreatif di dalam karier dan dunia bisnis. Boleh jadi karena menganggap tidak memiliki kesempatan untuk berpikir kreatif karena banyak faktor di lingkungan kerja. Padahal, berpikir kreatif dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, tak kecuali di lingkungan kerja.

Esensi berpikir kreatif itu berusaha melihat sesuatu dari kacamata dan perspektif yang berbeda. Dengan cara ‘aneh’ seperti itu, anda mampu menangkap kesempatan-kesempatan yang tidak biasa dan mengkonversinya menjadi keuntungan. Kemampuan berpikir kreatif ini dapat dilatih dan berkembang seiring berjalannya waktu. Berikut beberapa cara tak terduga untuk meningkatkannya.

Bekali diri dengan kekayaan pengetahuan. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, menambah wawasan tentang hal penting yang terjadi di dunia. Pengayaan pengetahuan merupakan keniscayaan. Ada banyak cara untuk memperluas wawasan. Misalnya, ikut di dalam diskusi-diskusi, mendatangi berbagai seminar dan kelas pelatihan. Jangan lupa satu hal sederhana yaitu membaca.

Selain membaca topik-topik yang memang anda sukai, tidak ada salahnya anda membaca berita dan cerita di luar bidang yang disukai untuk memperkaya pengetahuan dalam arti luas. Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik dapat melihat dunia dari berbagai perspektif. Dengan banyak membaca, anda akan mengerti suatu hal dari berbagai perspektif.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI